Keren, Patung Patung Ini Bisa Memanjang!

30 Maret 2016 Kesenian


Kalau mendengar kata patung pasti kita langsung membayangkan sebuah batu keras berwarna putih atau dari besi perunggu berwarna kecoklatan yang dibentuk sedemikian rupa menjadi menarik. Nah seniman yang satu ini juga membuat patung, namun berbeda dari biasanya. Hmm, seperti apa ya? Yuk simak artikelnya berikut!

Patung pada gambar di atas mungkin terlihat seperti patung biasa yang terbuat dari gypsum atau porcelain. Tapi, ada sesuatu yang berbeda. Patung ini bisa memanjang jika ditarik! Wah, apa rahasianya?


Li Hongbo, seorang desainer buku dan editor membuat sebuah patung dari ribuan tumpuk kertas tipis. Seniman asal Beijing ini membuat pola honeycomb atau sarang lebah dengan memberikan lem pada setiap kertas di tempat tertentu, lalu rekatkan dengan kertas lainnya.


Li mengaku terinpirasi dari mainan tradisional China, dimana bentuk awal yang tipis jika ditarik akan mengembang. Anda pasti tahu mainan bunga kertas ini bukan?


Cara membuat mainan tersebut sama dengan teknik yang Li gunakan saat membuat patung fleksibelnya. Namun bedanya perlu keuletan, kesabaran, dan ketelitian yang tinggi agar tumpukan kertas terbentuk sempurna menyerupai sebuah patung.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)