Keragaman Tari Bali

20 November 2014 Kesenian


Bali, siapa yang tidak mengenal wilayah Indonesia ini? Bahkan, nama Bali lah yang lebih terkenal di manca negara daripada negara asalnya sendiri, Indonesia. Apa yang membuat Bali terkenal sampai manca negara? Banyak sekali. Mulai dari pantainya yang indah, unik, dan yang tak kalah mempesonanya yaitu tariannya. Tidak hanya satu, banyak sekali tarian- tarian khas Bali.

Nah, pada artikel ini akan dijelaskan lima macam tarian Bali yang terkenal sampai manca negara.

♠ Tari Pendet

Tari Pendet sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tarian ini selalu diajarkan terlebih dahulu bila ingin belajar tari Bali lainnya. Sebab tari Pendet dianggap menjadi dasar untuk bisa menari tarian lainnya. Tari ini biasanya digunakan untuk penyambutan tamu atau undangan dengan menabur bunga dan ekspresi senyum yang manis. Awalnya, tari Pendet ditujukan untuk ibadah di Pura, yang melambangkan penyambutan turunnya dewata ke dunia.

♠ Tari Kecak

Selain tari Pendet, tari Kecak juga tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Tarian yang membutuhkan banyak penari laki - laki ini diciptakan pada tahun 1930. Para penari laki - laki duduk melingkar dan mengangkat tangan mereka yang menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana.

♠ Tari Kupu - kupu

Tarian ini menggambarkan kehidupan sekelompok kupu - kupu yang dengan riangnya berppindah dari satu dahan ke dahan lainnya. Tarian ini dulunya merupakan tarian putri yang diciptakan oleh I Wayan Beratha pada tahun 1960.

♠ Tari Barong

Tari khas Bali yang satu ini menggambarkan pertarungan antara kebajikan (dharma) dan kebatilan (adharma). Sosok dharma dilakoni oleh Barong, yaitu penari dengan kostum beinatang berkaki empat, dan adharma dilakoni oleh Rangda, yaitu penari dengan kostum sosok menyeramkan dengan dua taring di mulutnya. Hal yang membuat tarian ini sangat menarik adalah adanya unsur komedi dan unsur mitologis.

♠ Tari Cendrawasih

Tarian ini menggambarkan sekelompok burung Cendrawasih yang berterbangan di alam luas dengan riangnya. Tarian ini ditarikan oleh perempuan remaja atau dewasa dengan jumlah dua orang atau lebih. Tarian ini diciptakan oleh N.L.N. Swasthi Wijaya Bandem pada tahun 1988.

Itulah lima dari sekian banyak macam tarian Bali. Tidak hanya Bali, daerah - daerah lain di Indonesia juga mempunya berbagai macam tarian. Memang Indonesia memiliki banyak kebudayaan dibandingkan negara lain! Semoga kebudayaan Indonesia ini tetap lestari dan tidak hilang!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)