Kenali Kain Khas Maluku Utara, Baik Tubo dan Kain Tenun Ternate!

18 Juli 2016 Kesenian


Batik menjadi warisan khas dari Indonesia. Sudah banyak negara mengenal dan menggunakan batik. Bahkan para pejabat - pejabat tinggi senang memakai batik. Namun tak hanya batik Jawa yang sering kita jumpai, Maluku Utara memiliki batik yang disebut baik Tubo - Ternate!

Masyarakat Maluku menciptakan batik ini tahun 2010. Proses pembuatannya sama seperti batik pada umumnya, yakni menggunakan centing dan cap. Walaupun baru enam tahun, batik Tubo - Ternate sudah mencuri hati banyak orang.

Yang menjadi ciri khas batik Tubo - Ternate adalah motifnya. Ciri khas dari batik Tubo - Ternate ialah cengkeh, pala, peta Maluku Utara, kelapa, ikan serta karang.Warnanya pun beragam, mulai dari warna hijau, merah, orange, kuning dan sebagainya.

Selain batik, Maluku Utara memiliki kain tenun. Kain tenun asli Ternate memang jarang kita dengar. Namun berbeda dengan batik Tubo - Ternate, kain tenun Ternate sudah ada cukup lama dan langka.

Tempat pusat pembuatan kain tenun ini di Koloncucu. Untuk membuat satu kain tenun dibutuhkan sekitar 1 minggu hingga 1 bulan, tergantung dari kesulitan motif yang dibuat. Sangat berbeda dengan kain batik yang hanya memakan waktu 1 hari.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)