Kenali Jenis Jenis Suara Manusia!

12 Februari 2018 Kesenian


Ciptaan Tuhan memang beragam dan unik. Semua makhluk hidup diciptakan berbeda - beda. Dari jenis kelamin, warna rambut, tinggi badan, bentuk telinga, hingga jenis suara. Setiap manusia memiliki jenis suara yang berbeda.

Secara umum suara dibedakan menjadi 4 jenis, yakni sopran, alto, tenor, dan bass. Setiap jenis memiliki sifat dan ciri khasnya masing masing. Dalam paduan suara sangat penting untuk mengenal jenis - jenis suara ini. Berikut ulasannya:

Sopran

Sopran atau soprano adalah jenis suara perempuan yang berambitus tinggi. Sopran sendiri dapat dikatakan berambitus dari nada C1 sampai C3. Umumnya jenis sopran lebih bervariasi lagi, tergantung lagu yang ditampilkan. Ada sopran dramatic, digunakan ketika suara yang dihasilkan sangat ekspresif dan bertenaga, sopran lirik yang menghasilkan suara yang ringan dan manis, ada pula sopran pewarna dengan suara ambitus tinggi.

Alto

Alto atau contralto merupakan suara perempuan yang berambitus rendah, yakni dari nada F sampai D2. Alto menghasilkan suara berkarakter berat, dalam dan berwibawa. Pada pementasan opera, perempuan dengan suara alto umumnya memerankan lakon seorang ratu karena suara yang terkesan berwibawa.

Tenor

Tenor adalah jenis suara laki - laki yang berambitus tinggi, yaitu nada satu oktaf dibawah sopran, B sampai G1. Karakter suara ini bertenaga dan jantan.

Bass

Bass adalah jenis suara laki - laki yang berambitus paling rendah, yakni dari nada E sampai C1. Sifat dari suara bass yaitu rendah, dalam dan besar. Suara bass sendiri memiiki jenis lebih bervariasi, seperti bass profondo, bass cantante, bass buffo, dan bass baritone.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)