Kesenian
22 Juli 2013

Jual Musik di Internet

oleh: Dila S

Punya lagu? Tapi bingung mau diapakan karyanya ? Di era serba canggih seperti ini bukan hanya soal urusan mengetik dan mengirim surat, mengirim foto, melihat video di internet tapi juga bisa menghasilkan uang dari sebuah karya.

Sudah cape rekaman dan bikin lagu, kemudian kita datang ke sebuah perusahaan rekaman untuk menjual lagu kita berharap dapat setumpuk uang tetapi yang terjadi malah ditolak mentah-mentah, itulah kehidupan pencipta lagu jaman dahulu, sekarang kalian bisa menjual karya sendiri tanpa harus mengemis ke perusahaan rekaman yang besar.

Sudah banyak sekarang studio rekaman yang murah yang bersifat Home Recording, begitu pula untuk menjual karya kita sendiri, kita bisa memanfaatkan situs penyedia layanan online seperti iTunes, CD Baby, Amazon, dll. Disana kalian bisa menjual lagu kalian secara online tidak terbatas lagi tempat dan waktu ditangan kalian sendiri lagu ini menjadi laris atau tidak laku sama sekali.

Langkah yang dilakukan cukup mudah sebenarnya tinggal mendaftar ke salah satu penyedia layanan tersebut katakanlah kita mendaftar di CD Baby, kita cukup mengisi data diri, mengupload lagu kita, mengupload Artwork atau yang biasa disebut cover depannya, dan jangan lupa mendaftarkan lagumu ke publisher, untuk mendaftar di iTunes atau CD Baby kita bisa mendaftar ke PRO (performing right organization) untuk penjelasan apa itu Publisher mungkin akan dibahas di artikel selanjutnya.

Setelah kita melengkapi ketentuan diatas, selesailah administrasi tinggal membayar biaya pendaftarannya dan membayar biaya publisher, dan kita akan mendapatkan ID Digital untuk lagu kita, sehingga lagu kita akan tersedia di toko musik online.

Langkah selanjutnya tinggal kita mengatur harga jual lagu kita yang juga akan dibagi dengan situs penyedia layanan tersebut, kemudian baru kita promosikan lagu kita, semakin banyak yang suka maka akan banyak yang download tentunya dengan harga yang sudah kita tetapkan.

Jadi masihkah mencari perusahaan rekaman untuk menjual lagumu? Ikuti saja cara yang diatas, berkaryalah sebaik mungkin, jual di internet, promosikan lagumu, tunggu uang yang akan mengalir kepada dirimu, semoga bermanfaat. "I music U".

(Sumber: www.digitalmusicuniversity.com)

Kesenian Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris