Jenis Jenis Kayu dalam Seni Kriya

28 Maret 2015 Kesenian


Dalam seni kriya kayu, pemahaman akan kayu amatlah penting. Sebab hal ini menyangkut masalah struktur kayu agar dapat menentukan bagian kayu yang baik untuk pembuata karya. Secara garis besar ada dua jenis kayu yang sering digunakan dalam berkarya seni kriya kayu yaitu kayu alami dan kayu buatan atau hasil modofikasi dari bahan kayu itu sendiri ditambah dengan bahan lain.

Berikut ini ulasan tentang jenis - jenis kayu yang digunakan dalam seni kriya kayu:

1. Kayu Jati

Kayu jati termasuk dalam kayu alami. Kayu dengan nama latin tectona grandis ini memiliki corak warna cokelat kemudaan sampai tua kehijauan. Corak warna kayu jati ini mempunyai nilai dekoratif yang sangat indah dan menarik, sehingga banyak diminati oleh para pengusaha mebel maupun industri pengolahan kayu. Selain itu, tingkat pengerjaan kayu ini dari mudah sampai sedang, daya retaknya rendah, dan serat lurus.

2. Kayu Mahoni

Kayu Mahoni merupakan jenis kayu alami. Kayu ini mempunyai sifat yang lunak dan ringan menjadikan pengolahannya lebih mudah. Untuk membuat ukiran pada kayu ini juga sangat luwes. Hal ini membuat kayu mahoni banyak digunakan untuk produk tipe eropa klasik yang banyak menggunakan ornament ukiran.

3. Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling juga termasuk kayu alami. Kayu dengan nama latin dalbergia latifolia ini memiliki keunggulan pada segi warna, khususnya pada warna terasnya yang berupa merah tua atau ungu dengan garis - garis hitam gelap. Walaupun tingkat keretakkannya tinggi, kayu ini memiliki tekstur yang sangat halus, serat yang lurus, dan ringan. Biasanya digunakan untuk kayu lantai, alat olah raga, alat musik, dan bahan seni ukir.

4. Plywood

Plywood atau kayu lapis adalah bahan kayu buatan yang terbuat dari beberapa lapisan finir yang berjumlah ganjil, ipasang dengan arah serat yang bersilangan saling tegak lurus, kemudian direkat menjadi satu pada tekanan yang tinggi dengan menggunakan perekat khusus. Plywood banyak digunakan untuk pembuatan perabotan rumah tangga, barang kerajinan, dan produk furnitur.

5. Particle Board

Papan partikel adalah papan kayu buatan yang terbuat dari serpihan kayu yang direkat dengan perekat sintetis kemudian dipress sehingga memiliki sifat seperti kayu massif. Keunggulan dari papan partikel diantaranya isolasi panas yang baik dan keawetan terhadap jamur yang tinggi.

6. Teak block

Papan buatan ini terdiri dari susunan kayu blok atau kayu lat, dimana lapisan pada salah satu permukaannya menggunakan finir jati. Teak block banyak digunakan untuk bahan furniture, dinding, dan sebagainya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)