Intip Karya Seni Mikro Menakjubkan Hasil Seniman di Berbagai Negara!

9 Februari 2015 Kesenian


Anda tentu sudah pernah mendengar tentang seniman yang menekuni pembuatan miniatur. Biasanya mereka membuat replika dari berbagai objek, entah itu karya seni maupun barang sehari-hari dalam ukuran yang jauh lebih kecil. Lebih kecil dari miniatur, ada juga seniman yang menekuni seni makro.

Sesuai namanya, karya seni yang dibuat berukuran mikro atau sangat kecil. Ada yang berupa lukisan di atas bulir beras, ukiran di tengah lubang jarum, hingga teko tembikar yang jauh lebih kecil daripada jari manusia. Berikut beberapa karya menakjubkan dari seniman di berbagai negara:

Lukisan di atas biji kuaci


Mesut Kul, seniamn asal Turki hobi membuat lukisan di media yang sangat kecil dan unik. Banyak lukisan-lukisannya yang tergolong paling kecil di dunia. Salah satu lukisan mikro karya Mesut Kul yaitu lukisan di atas biji kwaci. Kadang ia juga menggambar di atas sayap kupu-kupu, sebutir beras, bulu unggas, sebatang mi kering, kacang mede, bahkan sehelai rambut. Lukisan rambutnya menjadi gambar dengan kanvas terkecil di dunia.

Patung di tengah lubang jarum


Seorang pembuat patung berusia 55 tahun dari Inggris Willard Wigan erhasil membuat beberapa patung mikro,dengan mengandalkan sebuah pisau bedah dan mikroskop untuk melihat apa yang ia ukir. Willard Wigan adalah seorang penderita disleksia dan berprestasi buruk di sekolah.Bahkan saat ini, dia hampir tidak dapat membaca atau menulis. Namun dengan kegigihannya, Millard dapat membuat patung terkecil di dunia.

Ukiran ujung pensil


Karya diatas memang asli ukiran dari ujung pensil. Pembuat karya seni unik ini adalah seorang seniman sekaligus mahasiswa tingkat akhir dari jurusan Chemical Engineering asal Turki, Recep Alcamli. Tentu saja butuh keahlian dan ketelitian tingkat tinggi agar ukiran grafit pensil tidak patah di tengah jalan.

Akuarium terkecil di dunia


Sebuah kubus kaca berukuran 30mm x 24mm x 14 mm, lengkap dengan pasir, batu berwarna-warni, rumput laut, bahkan filter air dapat berisi 10 ml air dan rumah bermain untuk ikan kecil. Inilah karya menarik dari Anatoly Konenko, seorang pakar miniature dari kota Siberia Omsk. Konenko mengaku kalau dirinya membutuhkan waktu dua minggu untuk membuat karya tersebut.

Catur mikro


Sebuah karya mini unik lainnya yaitu bidak catur terkecil di dunia, lengkap dengan satu set buah catur. Catur mini ini dibuat oleh seorang pendesain satelit dan roket, Maarten Meerman.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)