Intip 5 Cara Melukis Baru yang Kamu Belum Ketahui!

31 Desember 2018 Kesenian


Seni lukis sudah ada sejak zaman purba. Awalnya, para nenek moyang melukis menggunakan bahan - bahan alami, seperti batu kapur. Berbagai aliran lukis pun bermunculan seiring perkembangan zaman. Tapi tidak berhenti begitu saja, sampai saat ini pun banyak cara lukis baru berkembang.

Teknik lukis tersebut tentu saja memiliki ciri khas tersendiri, dari cara melukisnya hingga hasil lukisnya. Simak ulasan cara baru melukis berikut!

Kruwel

Tidak banyak orang yang tahu dengan teknik kruwel. Teknik ini ditemukan oleh pria asal Desa Langse, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Puji Budi Purwanto, namanya, menyebut teknik ini kruwel karena proses melukisnya dengan membuat bulatan - bulatan kecil yang kemudian membentuk gambar. Ia mengaku hanya menggunakan pena saja untuk teknik kruwel ini.

Hand Painting

Biasanya melukis menggunakan alat untuk memindahkan cat ke atas media. Namun teknik ini menggunakan tangan kosong! Cat lukis ditaburkan di tangan kemudian salah stau tangan, biasanya tangan kanan dengan lihai membuat lukisan pada media lukis.

Spray Painting

Spray painting atau teknik spray adalah teknik melukis dengan menyemprotkan cat. Cara melukis dengan teknik ini adalah menggunakan bahan cair yang kemudian disemprotkan dengan alat sprayer. Jika biasanya teknik ini menggunakan media yang cukup besar, namun sekarang cukup dengan kertas tebal berukuran A3. Berikut video lukisan menakjubkan dengan spray painting:

Sand Painting

Seperti namanya, sand painting menggunakan media pasir untuk membuat lukisan. Teknik ini sudah ada sejak zaman dulu, dimana sand painting digunakan sebagai bagian ritual tertentu. Saat ini, sand painting kembali terkenal dan dijadikan media bercerita lewat media kaca yang ditaburi pasir.

Water Transfer Painting

Teknik ini menggunakan air sebagai alat pemindah cat. Teknik ini juga disebut Hydrographics. Proses hidrografi dapat digunakan pada logam, plastik, kaca, kayu keras, dan berbagai bahan lainnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)