Inilah Serangkaian Acara Menyambut Hari Nyepi!

29 Maret 2017 Kesenian


Hari Raya Nyepi merupakan hari raya besar bagi umat Hindu. Pada hakikatnya, hari raya ini ditujukan untuk penyucian diri dan lingkungan sekitar. Seluruh umat Hindu tidak diperbolehkan keluar rumah atau menyalakan listrik, sehingga membuat lingkungan menjadi sunyi.

Namun sebelum hari Nyepi, ada serangkaian acara yang diadakan untuk menyambutnya. Berikut berbagai acara yang dirayakan menyambut hari Nyepi:

Pencaruan

Mecaru merupakan upacara persembahan aneka sesajian (caru) kepada buta kala yang merupakan manifestasi unsur-unsur negatif dalam kehidupan manusia. Upacara ini dilakukan dari tingkatan keluarga, banjar, kecamatan, kabupaten, kota, hingga tingkat provinsi.

Pengerupukan

Ngrupuk adalah ritual berkeliling pemukiman sambil membuat bunyi-bunyian disertai penebaran nasi tawur dan menyebarkan asap dupa atau obor secara beramai-ramai. Ritual ngrupuk yang biasanya dilakukan bersamaan dengan arak-arakan ogoh-ogoh bertujuan agar buta kala beserta segala unsur negatif lainnya menjauh dan tidak mengganggu kehidupan umat manusia.

Melasti

Pada rangkaian upacara Melasti, segala sarana persembahyangan yang ada di Pura di arak ke pantai atau danau, karena laut atau danau adalah sumber air suci dan bisa menyucikan segala leteh (kotor) di dalam diri manusia dan alam.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags