Ini Dia Tips Mengembangkan Skill Membaca Not Balok!

14 Mei 2018 Kesenian


Memainkan alat musik, khususnya piano, perlu mengetahui not balok. Membaca not balok merupakan keahlian yang harus di asah terus menerus, bukan hanya sekali. Mungkin Anda pernah berpikir, mengapa harus not balok, bukan not angka?

Ada beberapa alasan mengapa lebih memilih not balok, ketimbang not angka yang lebih mudah untuk dibaca. Not balok menjadi bahasa musik universal yang dapat diterima oleh seluruh dunia. Not balok mampu menunjukkan posisi not dengan jelas sehingga tidak akan tertukar posisi nada rendah dan nada tinggi. Not balok juga mampu menunjukkan nilai not secara tepat dengan adanya gambar bendera, blok hitam atau putih pada kepala not.

Sedangkan not angka, walau mudah dibaca tapi tidak bisa menunjukkan posisi not pada tuts piano dengan tepat. Posisi nada tinggi biasanya hanya diberi tanda titik di atas angka, dan posisi nada rendah biasanya diberi tanda titik di bawah angka. Seringkali tanda titik tidak jelas sehingga menyulitkan pembacaan not.

Untuk itu berikut ini tips untuk mengembangkan skill membaca not balok (sight reading):

1. Kenali terlebih dahulu tangga nada, tanda birama, dan kunci (clef)

2. Kenali bagian - bagian dari sebuah not, seperti kepala not, stem, dan bendera.

3. Kenali jenis - jenis not, seperti not penuh, not seperdelapan, dan not seperempat.

4. Kenali tanda - tanda istirahat.

5. Hitung pulse dan ritmiknya. Ritmik adalah faktor yang penting dalam sight reading, sebab tanpa ritmik lagu tidak akan terdengar baik walau not dimainkan dengan benar. Anda bisa menggunakan bantuan metronome atau ketukan kaki.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags