Ini Dia Suku Primitif yang Masih Ada!

31 Desember 2015 Kesenian


Awalnya, setiap negara memiliki beragam suku. Seiring berjalannya masa, suku - suku tersebut memilih untuk bersatu dan saling membantu satu sama lain. Membuat dan membangun hal baru sampai hidup dalam masa modern seperti saat ini.

Namun, tidak semua suku mau menerima pengaruh modern. Mereka masih hidup dalam kesederhanaan dan menolak mengikuti perkembangan zaman. Hal ini bisa disebabkan karena mereka tetap patuh mengikuti keyakinan dan adat istiadat dari nenek moyang mereka. Siapa saja suku - suku tersebut?

1. Suku Surma

Suku Surma menetap di selatan Sudan dan barat daya Ethiopia, negara bagian Afrika. Suku ini memiliki tiga bahasa, yaitu Suri, Mursi, dan Me’ en. Mereka memiliki tradisi yang cukup unik pada kaum wanita, yakni melebarkan bibir bagian bawah dengan piringan logam. Tradisi ini disebut Lambret atau Lip Plate. Mereka percaya semakin lebar mulut wanita, semakin cantik parasnya.

2. Suku Sentinel

Suku Sentinel adalah suku yang terdiri tidak lebih dari 300 penduduk. Suku ini tinggal di pulau Sentinel, yang berada di kawasan India. Suku yang satu ini cukup buas, sebab setiap orang asing hadir, mereka akan menyambutnya dengan serbuan panah!

3. Suku Samburu

Suku Sambaru menetap di kawasan Kenya Utara. Namun, suku ini termasuk suku yang mulai punah, sebab mereka menjelajah untuk mencari air dan rumput. Kebanyakan orang - orangnya tidak bisa bertahan karena kekeringan.

4. Suku Korowai

Suku Korowai terdapat di daerah Papua Barat, berdekatan dengan perbatasan Papua Nugini. Jumlah penduduknya mencapai 3000 orang. Uniknya, mereka membangun rumah pohon yang cukup tinggi. Kabarnya, Suku Korowai memiliki ritual kanibalisme yang masih aktif sampai saat ini.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)