Ini Dia Cara Mendapatkan Hak Cipta Atas Karakter Kreasi Anda!

25 Juni 2018 Kesenian


Industri kreatif seperti komik, game, dan animasi di Indonesia sudah makin berkembang. Untuk itu, diperlukannya hak cipta. Loh, kan saya sendiri yang buat. Nah, maka dari itu agar karya Anda tidak dijiplak atau dicuri orang lain, diperlukannya proteksi hak cipta.

Kebanyakan warga Indonesia masih belum mengapresiasi hak cipta. Padahal pencurian hak cipta lebih mudah dari sebelumnya karena era digital saat ini. Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk menyalin suatu ciptaan, juga membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan, meliputi hak ekonomi atau royalty dan hak moral, dimana kreator diakui namanya atas karyanya.

Tahukah kamu film anak "Si Unyil"? Karakter ciptaan Alm. Pak Suyadi alias Pak Raden ini tentu sudah banyak yang tahu. Dan tahukah kamu, Pak Raden pernah menggugat Perum Produksi Film Indonesia (PPFN) karena ia tidak menerima royalty atas penggunaan karakter Si Unyil dalam berbagai acara komersial.

Nah, baru tahu kan penting sekali mendapatkan hak cipta karakter kreasi Anda. Dan waktu yang dibutuhkan untuk mendapat hak cipta tidaklah cepat. Karakter Si Unyil membutuhkan 2 tahun untuk memenangkan hak cipta!

Untuk mendapat hak cipta, Anda bisa mendatangi kantor Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HaKI), tepatnya di Jl.Daan Mogot km.14 Tanggerang, Banten. Berikut langkah - langkahnya:

- Siapkan 10 copy (print warna) karakter yang mau kita legalkan. Di print ukuran kecil, seperti ukuran KTP dan karakter tampak depan full body.

- Bawa 2 buah materai Rp 6.000,-.

- Isi folmulir permohonan di loketnya. Atau bisa disiapkan dari rumah. Download formulirnya di sini.

- Isi kategori hak cipta Seni lukis/gambar karakter.

- Kemudian loket akan memberi kita slip setoran ke bank BRI (di samping loket) untuk membayar permohonan tadi. Per karakter dikenakan biaya sekitar Rp 250.000.

- Setelah bayar, kita kembalikan bukti slip setoran ke loket untuk di tukar semacam surat RESI bukti permohonan karakter.

Saat mengurus ke kantor HaKI, diharapkan datang pagi agar dapat diurus lebih cepat. Surat RESI tersebut sudah kuat secara hukum untuk melegalkan karya cipta. Setelah itu, Anda menunggu sertifikat hak cipta sekitar 1 - 2 tahun.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)