Ini 3 Hal Penting untuk Membuat Jingle!

11 Juni 2018 Kesenian


Jingle adalah pengulangan dari brand nama dan slogan. Tujuan pembuatannya biasanya untuk kepentingan yang berkepanjangan, bukan seperti lagu radio atau iklan yang biasanya digunakan ntuk waktu terbatas, seperti satu tahun. Jingle biasanya diperlukan ketika usia dari produk tersbut masih muda, seperti pada saat baru launching.

Pernahkah Anda membuat jingle? Apakah Anda mengalami kesulitan saat membuatnya? Memang pembuatan jingle tidaklah mudah. Itulah mengapa pembuat jingle bisa dibayar mahal.

Untuk membuat jingle, Anda perlu tahu 3 bagian penting:

Dialog

Sebagian besar iklan memiliki dialog. Ada juga iklan-iklan yang menjual produknya dengan hanya memunculkan gambar-gambar untuk menggugah emosi konsumennya. Dialog menjadi hal yang penting karena Anda akan membutuhkan voice over talent. Menyewa voice over talent dan proses rekamannya membutuhkan biaya ekstra dari sisi Anda. Anda harus memasukkan faktor ini ketika menentukan penawaran harga pembuatan jingle.

Musik

Musik menjadi komposisi besar dalam jingle iklan. Musik jingle ada 2 macam, soundtrack dan scoring. Soundtrack adalah musik yang diputar dari awal sampai akhir iklan. Jenis musik inilah yang benar-benar disebut jingle, karena ada melodi dan nyanyiannya. Sedangkan scoring adalah musik yang mengikuti pergerakan gambar. Apa yang terjadi di layar, musiknya harus mengikuti.

Sound Effect

Sound effect ada 2 jenis: Sound effect berbentuk foley, yaitu suara-suara yang "normal" seperti suara ketukan di pintu, mobil menyala, hujan, anak kecil tertawa, dan sebagainya. Sound effect berbentuk special effect, yaitu suara-suara "abnormal" seperti ledakan gunung berapi, gempa bumi, dan sebagainya.

Dari mengetahui ketiga hal tersebut, Anda akan mudah menghadapi permintaan klien yang tidak tersampaikan secara jelas. Seperti "Tolong pitch nyanyinya dinaikin" atau "Tolong beatnya dibuat lebih cepat". Dan banyak kasus-kasus lain dimana sang pembuat jingle harus pandai menerjemahkan apa maksud kata-kata agensi atau klien.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)