Gambar 3D dengan Pensil 3D Pertama di Dunia!

10 Januari 2015 Kesenian


Tahukah Anda kartun "Chalkzone"? Dalam kartun tersebut, seorang anak mempunyai kapur ajaib yang dapat menggambar sesuatu menjadi nyata. Sama seperti teknologi yang satu ini. Berupa pensil dengan plastik yang dilelehkan sebagai tinta, teknologi ini mampu menggambar objek secara langsung tanpa bidang gambar! Bedanya, objek yang digambar tidak dapat hidup seperti di kartun Chalkzone. Yap, nama pensil itu adalah 3Doodler.

Beberapa bulan yang lalu, kita dikejutkan dengan kemunculan printer 3D yang memungkinkan kita membuat karya tiga dimensi bahkan barang-barang di rumah dengan tangan sendiri. Akan tetapi, printer 3D membutuhkan perangkat lunak dan pengetahuan pemodelan 3D agar dapat menghasilkan sebuah karya.

Para seniman membutuhkan alat yang memudahkan mereka untuk membuat karya tiga dimensi secara manual atau dengan tangan sendiri. Sebab karya seni yang indah adalah hasil karya dengan tangan sendiri, bukan dari mesin atau robot. Dari permasalahan tersebut, muncullah 3Doodler.

3Doodler menjadi pensil 3D pertama di dunia yang bisa menggambar dalam bentuk tiga dimensi secara langsung, layaknya menulis di udara. Sangat mudah digunakan tanpa software atau komputerisasi, hanya tinggal sambungkan ke listrik.


Pensil 3D ini dibandrol sebesar $99 atau sekitar 1,2 juta rupiah. 3Doodler dapat bekerja hampir di semua bidang permukaan, termasuk plastik. Tentu hal ini memungkinkan pengguna untuk mengkreasikan benda - benda pribadi, seperti casing iPhone. 3Doodler bahkan bisa digunakan untuk perbaikan kecil pada benda - benda berbahan plastik.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)