Fruit Carving, Seni Ukir Buah Mengagumkan

23 Desember 2014 Kesenian


Mengukir tidak hanya menggunakan media kayu atau batu. Buah - buahan pun bisa dijadikan media ukir. Buah tersebut menjadi cantik nan menarik ketika diberi sentuhan ukiran dari para seniman. Para seniman menjadikan buah layaknya pajangan yang memiliki nilai seni tinggi. Teknik ukir ini dinamakan fruit carving.

Seni mengukir buah ini semula berkembang di Thailand. Thailand dikenal sebagai salah satu penghasil buah terbaik di dunia. Maka tidak heran bisa seni ini sangat dikembangkan di negeri gajah putih itu. Buah - buahan yang digunakan berbagai macam, antara lain semangka, jeruk, wortel, tomat, dan pisang.

Untuk menghias buah dengan ukiran perlu mempunyai keahlian khusus, juga ketelatenan tinggi. Selain keahlian dan ketelatenan, seseorang juga harus memiliki jiwa seni yang tinggi. Bahkan seorang chef yang handal pun belum tentu bisa menciptakan penampilan hidangan yang menarik.

Dalam Fruit Carving, alat - alat yang dibutuhkan cukup sederhana yaitu cutter, tusuk gigi, talenan, dan pisau ukir. Pisau ukirnya pun bervariasi, ada yang bergerigi bahkan melengkung. Setiap pisau memiliki kegunaan dan hasil ukir yang berbeda.

Berikut ini contoh karya - karya mengagumkan dari fruit carving:


Fruit carving dari semangka dibuat oleh Chef Tom Heintz.


Terong - terong ini dibuat jadi pajangan penguin. Lucu bukan?


Kalau ini dibuat jadi bentuk burung hantu dan penguin. Hayo, dari buah apa saja ya yang digunakan?


Pisang yang teksturnya lembek pun bisa dibuat menjadi karya seni menakjubkan


Figur landak dari buah pir, anggur, dan tusuk gigi.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)