Cara Mentuning Drum Kita

16 Februari 2017 Kesenian   |    Iman Prabawa


Kali ini saya mau sharing cara mentuning drum atau cara menyetem drum kita. Kita sebagai drummer juga harus tau dan bisa menyetem sendiri drum kita. Jangan hanya bisa bermainnya saja. Kita juga harus bisa menyetem drum kita. Nah yuk kita belajar..

Ada keuntungan banyak lho kalau kita bisa mentuning drum sendiri, salah satunya sangat kepake sekali kala kita recording. Saya kebetulan banyak menemukan drummer yang pas direkam ngga bisa mentuning, dan hasilnya nanti sound drumnya juga ngga akan bisa dia dapat sesuai keinginannya dia. Dan salah duanya?

Perlu Ngga Sih Kita Tahu Cara Mentuning Drum?

Kayanya sih untuk hal ini ngga perlu saya tanyakan lagi ya? Ya perlu lah pastinya. Hehehe.. Tapi saya beri sedikit gambaran kenapa sih buat kita perlu? Kenapa ngga kita suruh orang saja untuk menyetem drum kita? Kenapa juga kita harus tau cara mentuning drum? Mungkin ada pemikiran seperti itu terlintas di pikiran teman-teman drummer sekalian. Soalnya saya juga dulu pernah berpikir seperti itu. Saat saya frustasi belajar cara mentuning drum saya! Hihihi kriuk kriuk.

Keuntungan kalau kita tahu cara mentuning drum kita, antara lain:

  • Kita bisa mendapatkan sound yang asik dari drum kita. Pastinya lah! Karena kan kita sudah tau caranya, jadi kita bisa explore juga sound drum kita itu bisa dapat sound yang seperti apa saja. Dan kita jadi tau kemampuan drum kita dalam menghasilkan sound, apakah drum kita asik kalau dipakai buat bermain metal? Nah kita belum tau kalau belum pernah mencoba menyetemnya, tentunya dengan drumheadyang berbeda-beda juga. Semakin tinggi kemampuan kita menyetem drum, semakin akan bisa bermacam-macam pula sound yang bisa dihasilkannya. Tapi ini tergantung juga dengan cara memainkan drumnya juga.
  • Kita jadi tau karakter drum kita utamanya dimana.Nah banyak orang yang memaksakan mendapatkan sound drum tertentu dari drumnya dia. Kalau ternyata drumnya itu tidak sanggup menghasilkan sound drum yang diinginkan, ya jangan dipaksa dong? Ibarat kata seekor bebek kamu paksa untuk bisa terbang seperti seekor elang, ya ngga akan mungkin jek! Hehehe.. Seperti untuk snare misalnya, kalau kita mempunyai snare yang terbuat dari bahan besi shellnya, nah untuk bisa mendapatkan sound yang hangat seperti snare yang shellnya kayu, ya susah! Karena bahannya sudah beda! Ganti dulu shellnya baru deh dapat! Nah ini dia yang saya maksud dengan kita mengerti cara mentuning drum, kita jadi tidak terlalu memaksakan sound yang memang drum kita tidak bisa hasilkan. Kita jadi tau sampai dimana rentang karakter sound dari drum kita.


Cara Mentuning Drum Kita

Nah dari penjelasan di atas, berarti cukup penting ya kita tahu cara mentuning drum kita? Sebenarnya cara menyetem ini bisa kepake untuk semua drum, apakah itu snare, apakah itu tom tom, apakah itu bass drum. Caranya semuanya sama saja pada intinya mah. Cuma pasang tension rodnya, kemudian diputar. Nah gampang kan? Cara memutarnya silang-silang, hanya itu saja sih. Maksudnya saling silang itu gimana? Saya beri gambar dibawah ini ya biar lebih mudah kita mengerti masalah saling silang ini..

Nah tuh, kalau lihat dari gambarnya sudah diberi nomor kan. Berarti ngerti dong? Jadi dari nomor 1 kita putar atau kencangkan yang nomor 2-nya. Lalu ke nomor ke-3 dan seterusnya. Jadi saling silang. Biar apa sih? Kenapa sih harus saling silang? Ini mirip kalau kita ganti ban mobil ya, harus saling silang. Katanya mah biar pas kencangnya. Nah begitu juga disini, biar kekencangan drumheadnya untuk tiap-tiap bagiannya menjadi sama kencang.

Nah udah gitu aja, tinggal pasang drumheadnya. Terus tinggal kencangkan saja! Selesai! Nah masalah mengencangkannya itu yang butuh jam terbang yang tinggi dan lama! Hihihi kriuk kriuk. Saya sendiri aja baru bisa mentuning drum dengan benar, dalam artian saya bisa mendapatkan sound drum yang saya inginkan itu setelah 2 tahun. Betul! 2 tahun! Nah jadi, cara mentuning drum ini juga harus dilatih juga! Ngga cuma bermain drum saja yang harus dilatih.

Kalian pernah dengar nama Jeff Ocheltree tidak? Nah si Jeff ini adalah seorang teknisi drum. Dia yang biasanya menyetem drum buat artis yang akan manggung. Artis yang pernah menggunakan jasa beliau antara lain, John Bonham, Billy Cobham, Steve Smith, Dan Carey, dan banyak drummer papan atas lainnya. Kebayang ngga? Bahkan seorang drummer saja menggunakan jasanya untuk menyetem drumnya. Karena memang skillnya dia sangat LUAR BIASA.

Nah jadi cara mentuning ya memang cuma itu saja, ada sih yang mentuning drum dengan menggunakan alat yang disebut dengan Drum Dial. Cara menggunakannya adalah ditempelkan saja ke drumheadnya, dan nanti dia akan menunjukkan kekencangan dari drumheadnya. Coba search di youtube cara menggunakannya secara detail deh, karena saya sendiri tidak pernah menggunakannya. Kalau kata Jeff Ocheltree mah "Trust Your Ears" alias percaya aja sama kuping kita, kalau kuping kita bilang enak, ya udah!

Karena tuning itu sendiri adalah seni. Tiap orang beda-beda selera tuningnya. Oleh karena itu maka kita sendiri yang harus berani explore dan mencari cara mentuning drum yang hasilnya kita banget. Dan saya butuh waktu 2 tahun untuk bisa seperti itu.

Salam Drummer,

Iman Prabawa
(Kunjungi websitenya di www.imanprabawa.com)