Cara Melemaskan Tangan pada Teknik Drum

12 Februari 2016 Kesenian   |    Iman Prabawa


Teman-teman kali ini kita bahas mengenai cara melemaskan tangan pada teknik drum yuk. Banyak teman-teman yang merasa tangannya kaku ketika melakukan fill in jadi terhambat. Nah biar ngga kaku, yuk kita belajar caranya melemaskan tangan kita biar bisa cepat ketika bermain drum.

Cara yang terbaik untuk melemaskan tangan kita adalah dengan kita memperbanyak yang namanya stickingan. Latihan banyak-banyak rudiment, rudiment adalah kombinasi pukulan yang kita mainkan, entah itu di drum, di snare drum atau di pad. Biasanya kita melatih rudiment lebih banyak di pad drum karena kita kan hanya melatih tangan kita saja kalau kita lagi berlatih rudiment.

Kita tidak melatih kaki kita juga, oleh karena itu latihan hanya di pad drum saja juga sudah cukup banget kok. Yang paling penting kalau menurut saya jenis rudiment itu ada tiga, yaitu single stroke, double stroke dan flam. Kenapa cuma tiga ini yang penting? Menurut Joe Morello di DVD-nya yang saya lupa judulnya apa, dia mengatakan kalau jenis rudiment yang lain hanyalah kombinasi dari tiga jenis rudiment tersebut.

Contoh paradidle, paradidle itu kan kanan kiri kanan kanan kiri kanan kiri kiri, nah ini saja sudah termasuk kombinasi dari single dan double. Oh iya saya jelaskan sedikit mengenai single stroke. Sesuai dengan namanya kalau kita artikan dalam bahasa Indonesia.

Single itu artinya satu, dan stroke itu artinya pukulan, jadi kalau single stroke berarti satu pukulan per tiap tangan, dan kalau double stroke berarti dua pukulan per tiap tangannya. Sementara kalau flam beda sendiri.

Flam itu seperti dimainkan berbarengan, kebetulan saya sudah membuat videonya mengenai flam ini. Berikut videonya:

Nah jadi kalau kita ingin tangan kita lemas kita perbanyak lah latihan stickingan ini, dijamin tangan teman-teman akan menjadi sangat lemas. Jadi memang semua itu butuh waktu dan proses, dan tidak ada yang namanya instant. Karena instant itu hanya milik mie saja, dan bukan milik manusia. Jadi saran saya adalah sabar dalam berlatih karena dengan bersabar nantinya teman-teman akan bisa menjadi handal dan bisa memainkan drum dengan sangat baik tentunya. Kalau begitu kita sudahi dulu artikel mengenai cara melemaskan tangan pada teknik drum ini.

Salam Drummer,

Iman Prabawa
(Kunjungi websitenya di www.imanprabawa.com)