Buat Desain Font Sendiri dengan 4 Software Gratis Berikut!

12 Agustus 2019 Kesenian


Jika Anda gemar mendesain sebuah logo, mungkin Anda sering menggunakan font yang ada. Tapi jika ada seorang customer yang meminta Anda membuat desain dengan font yang tidak umum, apa yang akan Anda lakukan? Tentu Anda perlu berkreasi sendiri membuat font sesuai keinginan sang customer.

Pada artikel ini akan dibahas beberapa software terbaik untuk membuat jenis font sendiri. Berikut daftarnya:

1. FontStruct

FontStrcut merupakan editor pembuat font berbasis online gratis atau website sehingga praktis dan tidak perlu mendownload softwarenya. Software yang dirilis oleh FontShop ini menggunakan prinsip ubin atau grid berbasis Flash sederhana. Setelah merancang font, Anda bisa mengunduh hasil rancangan dengan ekstensi .ttf dan menginstallnya ke dalam PC Anda.

2. Type light

Type light merupakan software keturunan dari CR8 Software’s Type Designer. Walaupun terbatas, Type Light memiliki semua alat dasar untuk membuat atau mengedit font dengan jenis TrueType, OpenType, dan PostScript.

3. FontForge

Pada awalnya, FontForge hanya ditujukan bagi pengguna Linux. FontForge merupakan software editor font berbasis open source. FontForge menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mengubah bentuk font yang sudah ada.

4. BitfontMaker

Seperti FontStruct, BintfontMaker juga merupakan font editor berbasis website. Website ini memungkinkan Anda membuat font sederhana dengan bantuan bentuk geometris. Sekarang ini sudah ada versi terbarunya, yaitu BitfontMaker2.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)