Berbagai Tradisi Merayakan May Day

1 Mei 2015 Kesenian


Pada tanggal 1 Mei, seluruh negara memperingati Hari Buruh, atau May Day. Tidak sembarang hari libur, berbagai negara mempersiapkan tradisinya sendiri dalam memeriahkan May Day. Ada yang demonstrasi, menari, dan tradisi menarik lainnya.

Pada zaman Romawi, hari pertama bulan Mei telah dirayakan sebagai festival Beltane. Pada malam sebelum tanggal satu Mei, semua api dipadamkan, dan ketika matahari terbit, orang-orang menyalakan api unggun di puncak bukit-bukit atau di bawah pohon-pohon keramat untuk menyambut kehidupan yang diperbarui. Mereka membawa ternak ke padang rumput, dan memohon kepada dewa-dewi untuk melindungi ternak itu.

Bagi orang Jerman dan orang Skandinavia, Walpurga adalah festival yang mirip dengan Beltane. Pesta pada malam Walpurga dimulai dengan menyalakan api-api unggun untuk mengusir tukang sihir dan roh jahat. Orang Eropa lainnya mengembangkan variasi kebiasaan May Day mereka sendiri, banyak di antaranya masih dipraktekkan.

Di Inggris, mereka merayakan May Day dengan mendirikan Maypole. Maypole merupakan tiang berhiaskan untaian bunga yang menjadi pusat acara tari dan permainan sepanjang hari itu. Anak-anak menari mengitari Maypole sambil melilitkan pita-pita berwarna - warni.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)