Berbagai Teknik dalam Menggambar

4 September 2017 Kesenian


Seni gambar memiliki banyak keragaman, seperti alat gambar, aliran, serta tekniknya. Walau menggambar objek yang sama, dengan teknik yang berbeda akan menghasilkan nilai gambar yang berbeda pula. Menghasilkan suatu gambar tidak perlu menyediakan alat yang terlalu banyak.

Jika Anda suka gambar namun bosan dengan teknik gambar yang itu - itu saja, ada beberapa teknik gambar yang bisa Anda coba.

1. Teknik Arsir

Teknik Arsir merupakan teknik yang paling banyak diketahui oleh banyak orang. Teknik ini banyak digunakan ketika membuat gambar d engan pensil. Teknik arsir memberikan kesan gelap - terang, gradasi, atau kesan dimensi. Selain pensil, alat yang digunakan adalah spidol, crayon, kapur. Arsir memiliki beberapa teknik, seperti mengarsir secara sejajar atau menyilang.

2. Teknik Pointilis

Seperti namanya, pointilis(point) merupakan teknik menggambar objek dengan menyusun titik - titik. Bagi pemula, biasanya teknik ini menggunakan alat drawing pen, ada juga yang menggunakan cat minyak.

3. Teknik Dussel

Teknik yang satu ini hampir sama dengan teknik arsir. Namun bedanya, teknik yang bisa disebut teknik gosok ini menggunakan kapas atau jari telunjuk untuk memperhalus goresan.Sehingga garis - garis goresan tidak terlihat dan gradasi lebih terlihat.

4. Teknik Blok

Dalam teknik blok atau teknik siluet, tidak ada unsur gradasi dalam hasil gambarnya. Teknik blok adalah teknik menggambar yang menutupi objek dengan satu warna saja. Teknik ini biasanya menggunakan warna hitam, seperti warna siluet atau bayangan.

5. Teknik Sapuan

Teknik sapuan merupakan teknik yang mengandalkan alat kuas. Ada sapuan dengan menggunakan cat air, ada pula dipadukan dengan pensil warna.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)