Beragam Seni Rupa Mesir Kuno

29 Januari 2015 Kesenian


Perkembangan seni rupa murni mancanegara di luar Asia berawal dari seni Timur purba hingga sejarah seni rupa Eropa Modern. Seni rupa Timur purba antara lain seni rupa di Mesir. Mesir merupakan bangsa yang memiliki peninggalan kebudayaan tertua di dunia (sejak 3400 SM).

Banyak sekali macam - macam bentuk karya seni bangsa Mesir, diantaranya seni bangunan, seni patung, relief, piramida, mastaba, candi, dan lain -lain. Berikut uraiannya:

Bangunan


Bagunan - bangunan peninggalan Mesir Kuno yaitu piramida, mastaba, dan candi atau kuil. Apa bedanya piramida, mastaba, dan candi? Piramida dan mastaba merupakan bangunan yang berfungsi menyimpan mayat atau mumi, sedangkan candi berfungsi sebagai tempat pemujaan. Contoh dari bangunan tersebut adalah piramida bertangga, piramida Cheops, Kuil Abu Simble dan Kuil Ratu Hatsdheputs.

Patung


Patung - patung Mesir Kuno cenderung berukuran tinggi dan besar. Contohnya yaitu patung Luxor yang ada di Kuil Thebe. Patung tersebut diukir dari satu b batu Diorit pada. Selain Luxor, patung - patung lain diantaranya Patung Raja Khafree, Patung Dewi Selket, , Dewi Kucing Perunggu, Patung Granit Amenemhet III, dan Patung Raja Akhenaton dan Ratu Nefertiti.

Lukisan


Lukisan di atas menggambarkan Anubis(manusia berkepala serigala) dan Mumi. Orang Mesir Kuno percaya bahwa dewa kematian, Anubis, adalah pencipta pembalseman mayat. Dari lukisan tersebut digambarkan Anubis sedang menyiapkan sebuah mumi. Contoh lukisan lainnya yaitu pada bagian Buku berisi doa, mantera, dan himne untuk orang mati, Lukisan Perjamuan di Thebes, dan Lukisan Raja Narmer dari Hierakonpolis di papan batu.

Hieroglif


Hieroglif Mesir atau dalam bahasa Yunani "Ukiran Suci", adalah suatu tulisan formal yang digunakan masyarakat Mesir Kuno yang terdiri dari kombinasi komponen elemen logograf dan alphabet. Hieroglif terdiri atas 700 gambar dan lambang dalam bentuk manusia, hewan, benda, dan lambang tulisan (menyerupai gambar paku) yang bersifat rahasia atau teka-teki yang sukar dibaca atau dipahami maknanya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)