Belajar Musik Tidak Harus Menjadi Artis

16 Mei 2013 Kesenian   |    Dila S


Belajar alat musik biasanya sering dilakukan oleh setiap orang. Cara belajarnya beragam, ada yang belajar sendiri atau otodidak, ada yang memanggil guru privat, atau ada juga yang ikut les musik di tempat kursus musik. Alasanya juga banyak, karena ingin mengasah otak kanan, sekedar hobi, atau malah lebih jauh ingin menjadi terkenal atau menjadi artis.

Kebanyakan, walau belum di survei secara resmi dan akurat, kebanyakan orang tua mengikutsertakan anaknya di tempat kursus musik adalah supaya anaknya bisa berkembang dan terkenal. Memang, dalam beberapa tahun ini, jalur artis menjadi alternatif pilihan untuk menjadi sukses. Itulah mengapa banyak orang tua yang memasukkan anaknya di tempat-tempat kursus musik.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apakah semua mendapat kesempatan menjadi artis terkenal? Orang mungkin banyak melihat artis-artis terkenal, tetapi ingat juga, dibelakang jumlah mereka yang gagal lebih banyak. Saat ini orang tua bukan hanya memberikan semangat kepada anak-anak mereka, tetapi juga harus memahami alternatif lain selain menjadi artis. Karena bisa saja akan berdampak negatif ketika si anak ini tidak bisa menjadi terkenal.

Ketika seseorang sudah menguasai minimal 1 alat musik, sebenarnya orang ini dapat berkreasi dalam banyak hal. Apalagi sekarang ini banyak sekali perusahan-perusahaan besar mengadakan Lomba membuat Jingle.

Yang perlu menjadi concern orang tua adalah bahwa dijaman teknologi ini semua berkembang sangat cepat, begitu juga dengan Industri Musik. Itulah mengapa, memberikan tambahan ilmu kepada anak-anak yang sudah belajar musik amatlah penting.

Mengenalkan mereka dengan Music Digital adalah salah satunya. Dengan metode pembelajaran Music Digital ini, anak-anak dapat lebih berimajinasi untuk menghasilkan karya sendiri. Dan yang lebih penting pemanfaatan teknologi dibidang yang mereka sukai, yaitu Musik. Banyak hal yang bisa di eksplorasi ketika seseorang bisa bermusik. Menjadi arranger atau pencipta lagu, perfomer, movie scoring (pembuat lagu untuk film) bahkan seorang enterpreneur, atau yang biasa disebut Audiopreneur.

Selain itu, banyak sekali akses project yang bisa dilakukan dengan online, sebut saja http://www.gearslutz.com/. Banyak tawaran membuat arransemen lagu dan dibayar dengan dollar lewat pay pal. Atau bisa juga ke situs http://www.indabamusic.com/ .Dunia sudah tidak ada batasnya lagi. Saatnya membawa anak-anak kita untuk berkreatifitas. Karena sukses yang sesungguhnya adalah Kreatifitas itu sendiri.

(Sumber: www.digitalmusicuniversity.com)