Bagaimana Cara Menggelar Pameran Seni yang Menarik? Simak Ulasannya!

15 April 2019 Kesenian


Untuk mengadakan suatu pameran seni perlu memperhatikan beberapa hal, seperti tujuan mengadakan pameran dan manfaat yang didapat. Beberapa tujuan penggelaran pameran seni yaitu apresiasi, komunikasi, rekreasi, pendidikan atau prestasi. Lalu bagaimana cara menggelar pameran seni yang baik? Simak pembahasannya berikut!

Untuk mengadakn sebuah pameran seni, pertama kita tentukan tema dan materi pameran. Hal ini sangat menarik perhatian dalam pelaksanaan pameran. Penentuan tema dibutuhkan untuk mengarahkan kegiatan sehingga pesan yang dibawakan dari pameran tidak menyimpang. Setelah itu, kumpulkan hasil karya yang ingin dipamerkan. Lakukan sentuhan terakhir seperti bingkai atau detail lain jika diperlukan. Agar pengunjung dapat mencari hasil karya yang diinginkan dengan mudah, buatlah katalog pameran.

Suatu pameran yang baik tentu membutuhkan sistem kerja yang baik pula. Pengorganisasian yang terarah, mulai dari susunan kepanitian, rangkaian jadwal kegiatan, hingga pelaksanaan pameran yang telah direncanakan secara matang. Maka dari itu, dibutuhkan susunan kepanitiaan yang tepat. Susunan kepanitiaam meliputi ketua panitia dan wakilnya, sekretaris, bendahara, kurator. Kurator adalah orang yang biasa menjadi mentor dalam konsep pameran dan penyelenggaraan pameran. Dan susunan perangkat kerja lainnya seperti seksi pameran, seksi perlengkapan, seksi dokumentasi, dan lain - lain.

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana kerja dan jadwal pelaksanaannya. Jadwal sebaiknya dibuat dalam bentuk matriks sehingga mudah untuk mengeceknya. Tentukan lokasi pameran yang tepat. Persiapkan tata ruang dalam pameran, seperti jarak setiap karya, komposisi, dan lampu. Pastikan semua persiapkan sudah selesai sehari sebelum acara. Jika perlu lakukan gladi resik untuk acara pembukaan.

Dengan acara yang terorganisir baik, para pengunjung bisa menikmati jajaran karya seni dengan nyaman.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)