Bagaimana Cara Menemukan Alat Gambar yang Cocok?

10 Juni 2016 Kesenian


Gambar akan menjadi sangat menyenangkan jika menggunakan alat yang pas. Hasilnya pun menjadi maksimal dan memuaskan. Tapi, bagaimana cara mencari alat yang pas tersebut?

Saat ini alat - alat gambar sudah beragam jenisnya. Bagi Anda yang pemula tentu bingung memilihnya. Nah, maka dari itu Anda perlu kenali karakteristik tiap alat gambar. Berikut karakteristiknya:

1. Pensil

Pensil merupakan alat dasar yang wajib dimiliki bagi seniman gambar. Alat ini tentu sudah tidak asing bagi Anda, sebab benda ini sudah biasa Anda gunakan sejak kecil. Namun jenis pensil apa yang baik untuk menggambar? Tergantung dari jenis gambar apa yang ingin dibuat.

Kita tahu bahwa pensil dibagi menjadi dua bentuk, yaitu batang dan mekanik. Pensil batang memiliki tingkat grafit yang lebih lengkap ketimbang mekanik. Tingkat grafit yaitu tingkat kepekatan warna yang dihasilkan pensil. Setiap pensil terdapat keterangan tingkat grafitnya berupa kode, mulai dari 9H, 8H, 7H, 6H, 5H, 4H, 3H, 2H, H, F, HB, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B, hingga 9B. Semakin tinggi tingkat grafitnya, semakin lunak sifatnya. Jika digoreskan ke atas kertas maka akan menghasilkan goresan berwarna pekat. Begitupun sebaliknya, semakin rendah tingkat grafitnya, semakin keras sifatnya.

Pensil jenis mekanik menggunakan sistem pegas dalam penggunaannya. Pensil ini cenderung lebih disukai karena bisa diisi ulang, jadi Anda hanya butuh beli isinya saja bila habis. Sangat praktis penggunaannya, namun pensil ini tidak bisa diatur dengan ketebalan yang berbeda. Hasil goresan pensil mekanik cenderung tipis, lebih cocok untuk membuat sketsa atau gambar kasar. Diameter isi pensil mekanik mulai 0,2 mm, 0,5 mm, 0,7 mm, hingga 1 mm. Tingkat grafitnya pun tidak terlalu beragam, kebanyakan toko hanya menyediakan tingkat 2B dan HB.

2. Kertas

Kertas menjadi media gambar yang umum digunakan. Media gambar ini memiliki banyak sekali jenisnya. Memang tidak ada ketentuan khusus mengenai kertas gambar, namun tidak salah jika kita memilah jenis kertas yang cocok untuk menggambar.

Sebaiknya tidak gunakan kertas HVS karena seratnya yang tipis dan daya serapnya rendah. Coba buat shading pada kertas HVS dan kertas gambar, hasilnya kertas HVS cenderung meninggalkan bekas jika dihapus bahkan mudah sobek.

Shading akan lebih nyaman bila dilakukan pada sketch drawing pad. Sketch drawing pad memiliki serat yang halus sehingga shading terlihat lebih sempurna. Namun harganya yang relative mahal tidak dianjurkan bagi pemula yang ingin belajar shading. Sketchbook bisa menjadi alternative walaupun tidak sebagus sketch drawing pad, namun harga lebih terjangkau.

Pada kertas gambar atau buku gambar memiliki kualifikasi tertentu, ada yang diperuntukkan untuk penggunaan pensil, cat air, krayon, dan lain - lain. Ukuran kertas pun beragam, tergantung selera Anda. Ukuran A4 atau A5 bisa menjadi pilihan untuk pemula dan gambar minimalis. Bagi Anda yang lebih tertarik menggambar lebih luas dan detail, A3 bisa menjadi pilihan.

3. Penghapus

Bagi pengguna pensil, tentu penghapus merupakan alat yang wajib dimiliki. Penghapus digunakan untuk menghapus bila terjadi kesalahan saat menggunakan pensil. Beragam jenis penghapus tersedia di pasaran. Penampilan penghapus yang menarik belum tentu mencerminkan kualitas penghapus yang baik. Jenisnya pun bermacam - macam, jadi jangan sampai salah membeli.

Jenis penghapus diantaranya penghapus pensil, penghapus pulpen, dan penghapus arang. Penghapus pensil memiliki tekstur yang lunak dan elastic. Penghapus dengan warna mencolok dan tampak lucu tidak bisa menghapus dengan sempurna. Terkadang akan menyisakan noda hitam dan sobek pada kertas. Penghapus yang baik cenderung berpenampilan sederhana, hanya berbentuk balok. Adapun penghapus khusus gambar yaitu kneaded eraser. Sifatnya sangat lunak sehingga bisa dibentuk - bentuk serta daya hapus yang tinggi. Namun kneaded eraser hanya dapat ditemukan di toko - toko khusus alat gambar.

4. Kuas

Jika Anda tertarik dalam hal melukis, tentu Anda butuh alat ini. Namun, tidak semua kuas memiliki kegunaan yang sama. Kuas memiliki beberapa jenis, tergantung jenis cat yang digunakan. Seperti kuas untuk cat air, cat minyak, dan tinta kaligrafi. Kuas cat air cenderung lebih halus dan tebal. Semakin tebal dan halus kuas, semakin banyak air bisa tertampung. Sedangkan kuas cat minyak cenderung lebih kasar. Kuas ini memiliki ujung sapu yang rata agar cat minyak bisa tersapu dengan baik di atas kanvas. Kuas kaligrafi bisa dibedakan dari pegangan kayunya yang lebih tebal dari kuas biasanya. Ujung kuasnya juga tebal dan meruncing.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)