Apa Itu Ostinato?

25 April 2016 Kesenian   |    Iman Prabawa


Kali ini saya mau sharing mengenai istilah dalam musik. Kita drummer dan tentunya kita juga perlu tahu ya mengenai istilah yang ada di dunia musik, dan oleh karenanya saya pikir saya sekalian saja membuat artikelnya mengenai hal ini. Dan semoga bisa bermanfaat buat teman-teman drummer dan semua musisi dimanapun teman-teman berada di tanah air Indonesia ini.

Mengenal Istilah Dalam Musik

Nah karena saya adalah drummer maka kali ini yang akan saya bahas mengenai istilah musik adalah istilah yang berhubungan dengan dunia drummer ya. Jadi memang masih nyambung dengan instrument yang kita mainkan.

Saya ingin membahas mengenai ostinato, teman-teman pernah mendengar mengenai istilah ostinato ini. Istilah ostinato ini terkadang diartikan sebagai sesuatu yang susah banget, dan kalau seorang drummer sudah mengatakan dirinya bisa memainkan ostinato, wah kayanya udah dewa banget deh. Nah apa sih sebenarnya ostinato itu?

Ostinato itu secara definisi adalah ritem yang berulang. Jadi kalau kita memainkan ting ti ting ting ti ting ting ti ting, gitu terus aja nah itulah yang sudah bisa disebut dengan ostinato. Jadi kalau cuma memainkan ting ti ting doang mah gue juga bisa! Lalu apa hebatnya ostinato? Nah makanya kalau kita tidak mengerti mengenai istilahnya kan jadi yang biasa aja jadi terkesan dewa banget, padahal definisinya begitu aja.

Yang dibilang dewa kalau memainkan ostinato itu adalah yang memainkannya berlapis-lapis. Yang tadi saya contohkan itu bisa dibilang ostinato satu lapis, yang misalnya hanya kita mainkan dengan satu tangan saja di ride cymbal misalnya. Nah kalau ditambah dengan ostinato satu lagi di tangan kiri kita, misal tangan kiri kita memainkan tak tatatak tak tatatak tak tatatak, baru kemudian digabungkan tangan kiri kita memainkan ostinato ting ti ting, nah itu baru mulai kerasa ada tingkat kesulitannya.

Gimana kalau ostinato tiga lapis? Dan ostinato empat lapis? Nah itulah mengapa orang yang bisa memainkan ostinato dianggap dewa banget. Kalau memainkan ostinato empat lapis oke memang susah, tapi kalau memainkan ostinato satu lapis kan bisa dibilang kita bisa memainkan ostinato juga tho?

Dan kalau begitu saya sudahi dulu artikel mengenai istilah dalam musik ini ya.

Salam Drummer,

Iman Prabawa
(Mau belajar lebih banyak tentang drum? Kunjungi websitenya disini!)
Tags