Apa Itu Ambigram?

30 Maret 2018 Kesenian


Tahukah kamu novel Angel & Demon? Selain novel, Angel and Demon juga terkenal dengan filmnya. Dari situlah seni Ambigram dipopulerkan. Ambigram merupakan seni tipografi (tulisan) dimana tulisan yang dihasilkan bukan hanya bisa dibaca satu arah, tetapi dapat pula dibaca dari arah sebaliknya (diputar 180 derajat)

Tidak diketahui secara pasti, kapan pertama kali ambigram ditemukan atau siapa penemunya. Menurut sejarahnya, ambigram telah berusia lebih dari 100 tahun..

Ambigram tertua tersebut dibuat oleh Peter Newell pada tahun 1893. Peter Newell adalah seniman yang dikenal karena karya dan ilustrasi buku anak - anak. Seniman yang berkutat dalam bidang ambigram ini disebut ambigramis.

Membuat ambigram bukan sesuatu yang mudah dan perlu kreativitas yang tinggi. Jika tidak, kita tak akan bisa menggabungkan tampilan huruf yang dapat dibaca jika diputar 180 derajat.

Bagi yang ingin mencoba, ada beberapa website yang menyediakan fitur membuat ambigram, seperti www.flipscript.com. Pada website tersebut, Anda bisa membuat ambigram sesuai nama yang Anda inginkan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags