Androgini, Gaya Ferminin Sekaligus Maskulin

26 Februari 2018 Kesenian


Bagi kaum perempuan, meminjam baju dari ibu atau kerabat perempuan lainnya mungkin bukan hal yang aneh. Namun bagaimana dengan meminjam baju seperti kemeja atau jas milik suami atau kerabat laki - laki ?

Tentu tidak semua pakaian atau fashion dari lawan jenis cocok untuk dikenakan. Namun, beberapa jenis pakaian seperti jeans atau kemeja bisa membuat tampilan Anda lebih menarik dengan nuansa maskulin!

Androgini, nama dari style ini, awalnya merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan pembagian peran yang sama dalam karakter maskulin dan feminin pada saat yang bersamaan. Istilah androgini sendiri sudah dipakai sejak zaman Yunani kuno.

Intinya, ada satu keseimbangan antara sisi maskulin dan fenimin dalam satu penampilan. Seorang wanita yang tampil layaknya pria, bahkan seorang pria yang tampil dengan busana feminim khas wanita.

Namun androgini bukan semata - mata gaya fashion. Beberapa psikologi memaparkan androgini juga merupakan identitas gender manusia. Menurut Sandra Bem, seorang psikolog Universitas Stanford, individu androgini lebih fleksibel dan lebih sehat secara mental daripada individu maskulin atau feminin. Biasanya, orang kreatif dan cerdas cenderung androgini karena mereka lebih adaptif. Mereka berperilaku dalam cara yang lebih tepat sesuai dengan situasi yang diberikan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)