Anda Bisa Ubah Wajah dengan Teknologi Face-Mapping Ini!

27 Mei 2019 Kesenian


Make up dan face painting bukanlah hal yang bisa dilakukan asal - asalan. Butuh ketelitian, kesabaran, dan keahlian khusus untuk mengubah tampilan wajah sesuai yang diinginkan. Tapi tak perlu khawatir. Seiring dengan teknologi yang terus berkembang setiap masa, ada teknologi yang bisa mengubah wajah Anda secara langsung! Jadi Anda tidak perlu ribet untuk make up dan face painting.

Tahukah Anda video mapping? Video mapping merupakan tampilan video yang sering diaplikasikan pada bangunan-bangunan gitu atau benda mati lainnya. Namun kali ini, video mapping tersebut diaplikasikan pada wajah manusia, alias face mapping! Dengan teknologi real time face-mapping, muka kita bisa langsung terlihat berubah menjadi monster, robot, atau mahkluk - mahkluk aneh lainnya.

Omote, nama teknologi ini, dibuat oleh seorang ahli Computer Graphic Image (CGI) asal Jepang, Nobumichi Asai. Ia tidak sendiri membuat proyek ini. Bersama Hiroto Kuwahara, seorang make up artist dan Paul Lacroix, seorang ahli digital imaging asal Perancis.

Seni ini mencampurkan teknologi proyektor ultra-bright, sistem pelacakan wajah dan digital imaging. Sederhenanya, proses kerja proyek ini adalah pertama, penyusunan titik-titik wajah yang ditangkap kamera. Lalu setelah titik-titik itu terlacak, rupa wajah hasil digital imaging 'ditembakkan' ke wajah asli dengan proyektor.

Asai mengaku karyanya terinspiraasi dari anime dan manga Jepang. Tokoh - tokoh pada manga dan anime menjadi inspirasi face-mappingnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)