7 Jenis - Jenis Logo

7 Desember 2015 Kesenian


Logo adalah sebuah identitas awal dari sebuah produk, seseorang, organisasi, atau perusahaan. Seperti mengenal orang baru, logo menjadi gambaran awal untuk mengenal orang tersebut. Logo sudah ada sejak zaman dahulu. Dimulai dengan sebutan simbol atau lambang kepercayaan suatu kelompok.

Ada 7 jenis logo. Untuk memulai membuat logo, ada baik mengenali ketujuh jenis logo tersebut, yaitu:

♦ Word Mark Logo

Logo yang terdiri dari susunan huruf dari nama perusahaan atau brand. Logo ini hanya memainkan jenis huruf dan warna, tanpa ada tambahan simbol atau ornament.

♦ Pictoral Mark Logo

Logo yang terdiri dari gambar atau simbol saja, tanpa tambahan teks. Gambar atau simbol harus mewakili gambaran perusahaan atau brand dan diambil dari benda kehidupan sehari - hari.

Abstract Mark Logo

Hampir sama dengan Pictoral Mark Logo,namun bedanya gambar atau simbol dibuat lebih abstrak. Makna atau arti dari logo tersebut hanya dapat dimengerti oleh pihak perusahaan saja, mulai dari bentuk dan warna logo adalah rahasia perusahaan.

Letter Form Logo

Logo ini disusun dari inisial nama perusahaan atau brand. Logo jenis ini terkesan berkelas dan elegan.

Emblem

Logo satu ini terdiri dari elemen gambar dan teks yang didesain sedemikian rupa sehingga membentuk shield sebagai dasar logonya. Logo Emblem biasanya digunakan oleh club sepak bola, otomotif, dan brand lainnya.

Character Logo

Logo ini menampilkan maskot sebagai elemen utama dari logo. Logo ini bisa dibilang lebih menarik dari jenis logo lainnya, namun cukup sulit untuk diaplikasikan di beberapa media.

Web 2.0

Logo ini digunakan khusus untuk web branding. Logo menggunakan efek emboss atau lighting sehingga terkesan futuristik.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)