5 Tips Khusus Agar Memenangkan Perlombaan Menyanyi

15 Agustus 2014 Kesenian   |    Willy Aviantara


Banyak dari kita yang sering mengikuti kompetisi menyanyi. Tentunya kita ingin menjadi juara di setiap kompetisi yang kita ikuti. Caranya, tentu berlatih keras dan makin kreatif di setiap penampilan kita. Nah, berikut ini ada lima tips buat kamu mempersiapkan diri mengikuti festival/kompetisi secara khusus.

1) Ketahuilah kriteria perlombaan

Kompetisi yang benar haruslah memiliki kriteria perlombaan. Tanpa kriteria, hasil penilaian akan subyektif dan tidak mungkin dapat mengukur kemampuan peserta karena tidak jelas aturan mainnya. Sebagai peserta, mintalah kriteria penilaian lomba dari panitia kompetisi untuk dipelajari. Dari kriteria perlombaan, kita dapat menyusun strategi yang tepat.

2) Atur strategi kreatif sesuai kriteria

Banyak kreativitas yang sering kita saksikan dalam sebuah lomba. Tapi, apakah setiap keunikan kreatif yang muncul menjadi poin plus? Jawabannya, belum tentu! Sekali lagi, buat strategi kreatif yang unik sesuai dengan kriteria masing-masing lomba. Misalkan kamu memakai pakaian super keren, terang mencolok dan warna-warni, tetapi di poin penilaian bobot kostum hanya 5% sementara harmonisasi bobotnya 50-60%, teknik 30%. Sebaiknya kamu memfokuskan diri lebih banyak ke harmonisasi dan teknik ketimbang kostum. Sayang kan poinnya? Tapi perlu dicatat, setiap lomba punya bobot kriteria yang berbeda-beda.

3) Sound check dan Rehearsal on Stage, penentu kemenangan yang sering diremehkan

Ini hal yang sering dipandang sebelah mata oleh banyak peserta lomba. Sound check adalah saat untuk mengetes mikrofon, musik dan tata suara di tempat perlombaan. Tujuannya adalah mempersiapkan diri dengan kondisi perlombaan sebenarnya agar bisa tampil dengan baik. Biasanya kita berlatih di tempat sendiri sudah bagus, tapi hanya karena enggan sound check di lokasi lomba, hasilnya tidak memuaskan. Selain kalian yang kecewa, juri (yang pasti tidak tahu betapa kerasnya kamu berlatih) akan ikut kecewa dengan penampilan kamu. Karenanya, jangan lupakan proses penting ini! Coba panggung secara nyata berikut sistem suaranya. Kalau perlu bawa operator sound sendiri agar penampilan kamu lebih optimal.

4) Lagu, senjata utama perlombaan

Memilih lagu adalah tugas utama yang harus dipahami betul oleh peserta lomba sesuai karakter suara masing-masing. Tipsnya, kenali karakter suaramu. Utamakan kecocokan lagu terhadap suara, ketimbang kecocokan terhadap selera. Seringkali kita terjebak menyukai sebuah lagu dan nekat membawakannya padahal jenis suara kita tidak pas. Akibatnya penampilan kita terkesan memaksakan diri. Tentu membuat pilihan dengan menyingkirkan ego dan rasa suka kita terhadap apa yang kita senang dengarkan ini memerlukan kebesaran hati untuk menerima. Percayalah, hasilnya akan memuaskan!

5) Aransemen, elemen pemberi kejutan

Sebagian besar lomba menyanyi tentu bobot kriterianya berfokus pada cara menyanyi. Kita perlu menyiasati ini untuk memaksimalkan poin kita. Salah satu cara terbaik adalah dengan membuat aransemen musik dan vokal yang menarik! Coba deh, ambil satu lagu yang dianggap umum tapi kamu garap dengan aransemen yang beda dari versi aslinya dan dicocokkan dengan karakter kamu. Biasanya strategi ini akan berhasil menarik minat juri dan penonton yang hadir karena menghibur. Jangan lupa dikaitkan juga dengan kriteria perlombaan sehingga mendongkrak nilaimu.

Itulah lima tips untuk menghadapi perlombaan nyanyi. Bila diformulasi dengan baik, bukan tidak mungkin kamu akan menjuarai satu lomba ke lomba lainnya secara rutin. Semoga berguna ya. Selamat berkompetisi. Salam inspirasi!

(Penulis adalah Producer, Arranger, Singer-Song Writer)
Blog: willyaviantara.wordpress.com