5 Budaya Indonesia yang Terkenal Sampai Manca Negara

11 November 2014 Kesenian


Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber alam dan budaya. Lebih dari 1.000 pulau tersebar di Indonesia. Lebih dari 20 suku ada di Indonesia. Indonesia juga memiliki beragam kerajinan, pakaian adat, tarian, alat musik, dan masih banyak lagi.

Dan tidak heran bila dari keragaman budaya tersebut sangat terkenal hingga manca negara. Berikut beberapa budaya Indonesia yang sangat mendunia:

1. Keris

Keris merupakan sejenis senjata tajam golongan belati yang sangat terkenal, terutama di daerah Jawa. Keunikannya yang terletak pada bentuknya yang tidak simetris, bilahnya berkelok - kelok, dan memiliki lapisan logam cerah pada helai bilahnya. Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak 2005.

2. Batik

Batik merupakan salah satu budaya Indonesia yang sangat terkenal di Indonesia. Bahkan tokoh seperti Ratu Elizabeth II, Ratu Sophie, Ratu Juliana, bahkan Bill Clinton sering kali memakai batik Indonesia. Proses pembuatan batik berupa penulisan pola atau ragam hias pada kain menggunakan canting yang berisi lilin panas. Batik sendiri sudah ditetapkan sebagai Masterpiece of the Oral Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009.

3. Angklung

Angklung merupakan alat musik bernada ganda yang berkembang dalam masyarakat Sunda di Jawa Barat. Alat ini terbuat dari bambu dan berbentuk seperti pipa yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Di beberapa negara Asia seperti Korea dan Jepang mengenalkan angklung pada anak - anak sekolah. Angklung telah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

4. Tari Saman

Di antara beraneka ragam tarian dari pelosok Indonesia, tari saman termasuk tarian yang menarik dan mendunia. Tari saman sendiri berasal dari suku Gayo di Aceh yang biasa ditampilkan untuk merayakan perayaan - perayaan penting, seperti kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tarian ini menjadi mendunia karena telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia pada 24 November 2011.

5. Wayang kulit

Wayang kulit merupakan seni tradisional Indonesia yang berkembang, terutama di pulau Jawa. Pada umumnya, pertunjukan wayang menampilkan cerita Mahabrata dan Ramayana serta diiringi oleh musik gamelan. Wayang sendiri sudah diakui sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia pada tahun 2013 oleh UNESCO.

Masih banyak sekali kekayaan - kekayaan budaya Indonesia lainnya yang mendunia. Lestarikanlah budaya kita dan jangan sampai budaya kita punah karena perkembangan zaman!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)