4 Rumah Adat Unik Asli Indonesia!

18 Maret 2016 Kesenian


Kita patut bangga terhadap Indonesia yang memiliki keragaman budaya. Keragaman budaya inilah yang menjadi Indonesia unik dari negara - negara lainnya. Salah satu keunikan budayanya adalah rumah adat.

Setiap daerah memiliki rumah adatnya masing - masing. Tentunya setiap rumah ada memiliki keunikan dan ciri khasnya. Ada lebih dari ratusan rumah adat yang ada di tanah air. Ada juga rumah adat yang sudah terkenal hingga manca negara! Yuk kita tengok 4 rumah adat unik milik Indonesia berikut!

Rumah Gadang

Siapa yang tidak tahu rumah adat yang satu ini? Rumah dengan atap mirip dengan tanduk kerbau ini asli milik Indonesia, tepatnya dari Sumatera Barat. Bentuk rumahnya yang khas membuatnya mudah dikenali. Dulu Rumah Gadang terbuat dari ijuk dan dapat bertahan hingga puluhan tahun, lho!

Rumah Omo Sebua

Rumah Omo Sebua adalah rumah adat yang berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Rumah ini dibangun tinggi diatas tiang - tiang besar dari kayu besi dan atap yang tinggi. Rumah ini dikhususkan untuk kepala adat desa dan untuk melindungi penghuninya dari serangan - serangan saat perang suku zaman dahulu. Tidak hanya itu, akses masuk ke dalam Rumah Omo Sebua hanya melalui tangga kecil dan dilengkapi pintu jebakan!

Rumah Tongkonan

Rumah adat ini berasal dari Toraja. Rumah Tongkonan berasal dari kata "tongkon", artinya duduk bersama - sama. Bentuk rumahnya sudah tak asing lagi bagi masyarakat luas. Atapnya dibuat melengkung menyerupai perahu, terdiri dari susunan bambu atau seng. Di bagian depan rumaah terdapat deretan tanduk kerbau, yang menunjukkan status sosial si pemiilk rumah.

Rumah Honai

Rumah yang satu ini berasal dari Papua.Rumah unik ini terlihat seperti jamur dari kejauhan. Dinding rumah terbuat dari kayu. Atapnya terbuat dari rumput - rumputan kering. Ada tiga jenis rumah adat ini, yakni Honai, Ebei, dan Wamai. Honai rumah untuk lelaki, Ebei untuk wanita, dan Wamai untuk ternak.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)