4 Musik Kuno Ini Terkenal Hingga Sekarang!

17 Juni 2019 Kesenian


Banyak orang mengartikan musik klasik sebagai musik kuno atau musik yang hanya terdiri dari instrumen saja. Padahal arti musik klasik yang sebenarnya adalah komposisi musik yang lahir dari budaya Eropa dari tahun 1750-1825.Pada kenyataannya, para komposer klasik sendiri, seperti Mozart, Bach, atau Beethoven, tidak pernah menggolong-golongkan jenis komposisi mereka. Penggolongan yang kita kenal sekarang dilakukan semata-mata untuk mempermudah, terutama untuk kepentingan akademis.

Musik klasik kerap dimainkan pada upacara - upacara gereja, sehingga banyak masyarakat yang mencintai musik tersebut. Hingga saat ini musik satu ini masih disukai oleh banyak kalangan hingga dijasikan soundtack film. Beberapa musik klasik berikut merupakan musik klasik terpopuler di dunia:

Für Elise

Anda pasti sering mendengar alunan musik ini, namun orang cenderung tidak mengetahui judulnya. Melodi musik yang ditulis oleh Ludwig van Beethoven ini dimulai dengan nada E - D# - E, atau enharmoninya E - E- E,dibaca E - Es - E, huruf yang menjadi nada lagu dari nama ThErESE atau bahkan EliSE. Di Taiwan dan Iran, nada Für Elise dimainkan oleh truk sampah untuk memperingatkan orang-orang agar membawa sampahnya keluar untuk diangkut. Di Brazil dan Turki, nada tersebut dimainkan oleh truk yang menjual gas untuk memberitahu orang-orang bahwa truk sudah dekat.

Symphony No. 5

Satu lagi musik klasik dari Beethoven. Symphony No. 5 in C Minor ditulis pada tahun 1804 - 1808. Pembukaan empat nada dari musik ini sangat populer dan sering muncul di beberapa film.

Pachelbel’s Canon

Pachelbel’s Canon atau yang biasa disebut Canon in D adalah musik klasik yang ditulis oleh seorang composer Jerman Johann Pachelbel. Canon dibuat pada tahun 1700 dan terlupakan hingga dipublikasikan pada tahun 1919. Lagu ini menjadi terkenal dan sering dimainkan pada acara pernikahan.

Spring

Musik klasik yang satu ini adalah bagian dari konser biola The Four Seasons oleh Antonio Vivaldi. Konser ter tersebut diadakan pada tahun 1725 dan menjadi konser terkenal.

Sudahkah Anda mendengar lagu - lagu diatas?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)