Yuk Menjaga Kesehatan Menjelang Liburan

26 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Selain menyenangkan dan memberikan suasana berbeda yang lebih rileks, musim liburan juga menimbulkan tekanan tertentu. Saat liburan, stres juga bisa datang tiba-tiba, akibat aktivitas yang tak hentinya dan mau tak mau harus dijalankan.

Bukan suka cita yang didapat, malah penyakit yang menghancurkan liburan anda. Anda tentu tak ingin jika hal ini terjadi. Untuk itu, perencanaan dan konsep yang baik adalah pedoman paling penting diikuti untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak anda pikirkan sebelumnya terjadi. Untuk itulah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum berpergian bersama buah hati anda.

Hal yang paling penting sebelum memutuskan membawa serta merta buah hati ke tempat wisata dengan perjalanan yang panjang adalah memastikan bahwa buah hati anda dalam keadaan sehat dan fit. Selain itu, pastikan vitamin dan obat-obatan yang biasa ia konsumsi dibawa, hal ini penting dilakukan terutama bila hendak melakukan perjalanan jauh dan menginap untuk waktu tertentu. Tak hanya itu, masih ada banyak hal lain yang perlu di persiapkan oleh anda sebelum pergi bersama dengan buah hati. Apa sajakah itu? Berikut adalah poin pentingnya.

Ada tips sehat yang harus dipersiapkan khususnya jika merencanakan berlibur di luar kota atau luar negeri sebagai berikut:

* Makan yang benar

Seminggu menjelang berangkat berlibur, sajikan makan yang matang dan dimasak dengan baik untuk keluarga. Jaga makanan anak-anak, terutama anak-anak yang suka jajan sembarangan. Dan juga atur jadwal makannya, jangan sampai jam makan tertunda karena keasyikan bermain ataupun belajar.

* Olahraga

Ajak anak-anak untuk berolahraga kecil seperti lari pagi, mengikuti kegiatan sepeda gunung, mengikuti outbound atau yang sekarang sedang disenangi adalah olahraga pada hari-hari tertentu, misalnya mengikuti car free day bersama anak dan keluarga dan lain sebagainya.

* Tidur cukup

Atur jadwal tidur anak-anak secara disiplin. Upayakan tidur cukup menjelang hari berangkat berlibur karena biasanya kondisi fisik akan cukup lelah karena perjalanan panjang dan jauh.

* Jaga kebersihan

Biasakan anak-anak untuk cuci tangan setiap habis bermain atau sebelum makan.

* Banyak Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih secara benar sangatlah baik untuk menetralisir dan menjaga badan tetap fit, serta mencegah dehidrasi. Usahakan mengkonsumsi setiap hari air putih yang hangat.

* Hindari minum es batu dan minuman manis-manis

Anak-anak seringkali suka sekali minum es atau mengkonsumsi es krim, apalagi minuman manis yang dijual pinggir jalan. Ajak mereka untuk menguranginya dan ganti dengan minuman-minuman yang sehat.

* Hindari Hujan

Larang anak-anak untuk mandi hujan pada saat hujan turun karena seringkali demam, flu dan batuk dapat menyerang anak-anak, dan lama sembuhnya.

* Kumpul bersama Keluarga

Ajak anak-anak untuk ngobrol dan bercanda, temani mereka bermain, dan tanyakan mereka ingin liburan kemana. Jika kita tau tujuan wisata, lebih mudah untuk atur persiapannya. Liburan memang menyenangkan. Persiapan yang matang akan membuat Anda dan anak-anak menikmati hari-hari saat liburan. Liburan bisa menjadi saat yang paling menyenangkan, bahkan minggu-minggu terbaik sepanjang tahun. Tidak heran anak-anak menantikan liburan dengan penuh harap bersama keluarga.

Jadi persiapkan semuanya dengan baik ya.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)