Yuk Jaga Kesehatan Ginjal Kita dengan Tips Ini...

13 Maret 2013 Artikel Kesehatan


Untuk orang yang sudah lansia, mungkin organ tubuh ini dianggap menjadi hal yang vital bagi mereka demi bertahan hidup. Namun hal ini berlawanan dengan anak-anak mudah zaman sekarang. Mereka umumnya masih menganggap sepele akan pentingnya organ satu ini. Organ vital yang dimaksuda adalah ginjal.

Ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membersihkan darah dari berbagai zat hasil metabolisme tubuh serta racun yang tidak dibutuhkan dalam bentuk air seni.

Sebagai organ yang penting bagi sistem metabolik tubuh, ginjal perlu dijaga kesehatannya. Jika tidak dipelihara dengan baik, ginjal bisa cepat rusak dan mengakibatkan komplikasi mulai dari penyakit kardiovaskuler, kerusakan saraf, hingga kerusakan kelenjar paratiroid.

Menjaga kesehatan ginjal sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Hal yang utama yang perlu dilakukan yaitu menghindari faktor yang dapat memperbesar risiko dari penyakit ginjal. Pilihan gaya hidup sehat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan secara umum, sekaligus menurunkan risiko penyakit ginjal.

Ingin memiliki organ ginjal yang sehat? Ikuti langkah berikut ini:

1. Jaga Tekanan Darah dalam Batas Normal (120/80 mmHg atau Kurang)
Tekanan darah tinggi seringkali menimbulkan komplikasi penyakit ginjal. Jika tekanan darah anda di atas normal atau anda menderita hipertensi, usahakan untuk mengendalikan tekanan darah anda untuk mencegah komplikasi penyakit ginjal.
Tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal tertinggi yang terus meningkat selama lima tahun terakhir.

2. Jaga kesehatan dan tetap beraktivitas
Beraktivitas yang dimaksudkan yakni melakukan aktivitas fisik. Aktiflah bergerak untuk tetap menyehatkan tubuh termasuk ginjal Anda.

3. Pertahankan Kadar Glukosa Darah Normal (Dibawah 120 mg/dL)
Kadar glukosa darah terlalu tinggi dapat menyebakan diabetes yang merupakan faktor resiko penyakit ginjal diabetik. Kadar glukosa di atas normal membuat ginjal bekerja keras untuk membuang kelebihan glukosa dari darah.

4. Konsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan ideal
Makanan yang mengandung racun seperti zat pewarna sintetik dan zat pengawet juga dapat mengganggu kesehatan ginjal.

Minuman seperti teh atau kopi jika terlalu sering diminum setiap hari dapat berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Maka Anda perlu menyeimbangkannya dengan banyak meminum air putih.

5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Mencukupi kebutuhan cairan penting artinya bagi organ ginjal. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini melalui berbagai cara misalnya mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air atau juga rutin minum air putih. Bila Anda rutin beraktivitas dalam kondisi dan situasi yang menuntut banyak mengeluarkan keringat, minumlah dua sampai tiga liter per hari sehingga Anda tidak akan mengalami dehidrasi.

6. Banyak Makan Sayuran dan Buah
Sayuran dan buah-buahan menyediakan banyak nutrisi penting bagi kesehatan dan mencegah berbagai jenis penyakit termasuk penyakit ginjal. Bahan makanan dari sayuran buah juga membantu melancarkan pencernaan dan tidak mengandung nutrisi tertentu secara berlebihan.

7. Jangan konsumsi obat sembarangan
Obat kimia adalah zat asing yang dapat membuat beban kerja ginjal menjadi berat. Untuk itu disarankan agar tidak mengonsumsi obat sembarangan
Sebaiknya setiap obat yang Anda konsumsi dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter

8. Jangan Merokok
Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal. Merokok juga memperburuk kondisi seperti hipertensi, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan sebagainya.

9. Batasi Asupan Garam
Sodium (Na) dalam garam dapur (NaCl) memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun kelebihan sodium dari garam dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan tersebut. Kelebihan sodium dalam tubuh juga dapat menyebabkan hipertensi.

10.Jangan Menahan Buang Air Kecil (BAK)
Kebiasaan menahan pipis menghambat kerja ginjal dan membuat orang kurang mengkonsumsi air sehingga dapat menyebabkan batu ginjal.

(Dikutip dari berbagai sumber)