Yuk Donor Darah Agar Dapat Manfaatnya!

20 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Sudahkan Anda mendonorkan darah? Tahukah Anda banyak manfaat yang di dapat bila melakukan donor darah. Tak hanya menghindari dari penyakit jantung, donor darah juga dapat mengontrol tekanan darah Anda.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari seorang mendonorkan darah. Sayangnya banyak orang yang masih kurang menyadari manfaat tersebut.

Nah, berikut beberapa manfaat dari donor darah:

Produksi sel baru

Mendonorkan darah dapat merangsang sumsum tulang belakang Anda untuk memproduksi sel baru. Dengan kata lain, donor darah mengambil darah yang lama untuk diganti sel baru atau regenerasi sel darah.

Cegah radikal bebas

Donor darah menjaga kadar zat besi dalam tubuh agar tetap normal. Radikal bebas yang kerap memicu kanker di tubuh seseorang, dapat dihilangkan bila darah seseorang zat besi selalu teregenerasi. Inilah salah satu manfaat dari mendonorkan darah.

Hindari risiko kardiovaskular

Bagi Anda yang rutin mendonorkan darah boleh bersuka cita. Pasalnya, donor darah dapat memicu metabolisme agar aliran darah tetap lancar. Sehingga tak ada lagi penyumbatan darah pada pembuluh darah. Dengan demikian, risiko terserang peyakit jantung dan stroke berkurang.

Sebagai tes kesehatan diri untuk mendeteksi penyakit

Status kesehatan seorang pendonor akan berubah setiap tiga bulan sekali dan dengan mendonorkan darah ini kesehatan diri, secara tak langsung Anda sedang memeriksakan diri. Dimana bila memang terdapat penyakit menempel tubuh, pasti bisa cepat terdeteksi, sehingga keuntungannya Anda dapat mengambil penanganan yang optimal dan risiko penyakit untuk sembuh relatif cepat.

Dapat mengurangi kolesterol

Pendonor yang rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke sebesar 30 persen. Hal ini bisa terjadi, karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru. Sehingga badan pun Anda pun jadi lebih sehat. Selain itu juga, dapat mengurangi risiko jantung koroner, dimana kadar Fe (besi) dalam darah menjadi berkurang.

Dapat mengontrol tekanan darah

Hal ini karena seorang yang rutin mendonorkan darah setiap tiga bulan dapat membantu mengstabilkan kadar zat besi yang berlebihan.

Kesehatan psikologis meningkat

Kondisi itu muncul karena rasa puas pendonor yang dapat membantu menyelamatkan kehidupan orang lain.

Nah, itulah beberapa manfaat luar biasa dari donor darah. Yuk donor kan darah mu!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari beberapa sumber)