Yuk Cari Tahu Porsi Nutrisi yang Tepat Tiap Harinya!

25 Maret 2019 Artikel Kesehatan


Sudah benarkah kadar porsi nutrisi Anda setiap hari? Makanan tidak begitu saja masuk ke dalam tubuh, tapi perlu juga diperhatikan asupan nutrisinya. Agar berfungsi dengan baik, tubuh perlu asupan nutrisi yang lengkap. Nutrisi tersebut diantaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat.

Dari kelompok - kelompok nutrisi tersebut, tahukah Anda berapa banyak porsi makanan yang disarankan? Berikut keterangannya:

♣ Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber utama energi atau tenaga tubuh untuk melakukan aktivitas. 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori. Rata- rata manusia membutuhkan 1200 - 2000 kalori per hari. Namun tak semua kalori harus dipenuhi dengan konsumsi karbohidrat. Disarankan kalori yang diperoleh dari karbohidrat adalah 45% - 60% dari seluruh kebutuhan kalori. Namun, banyak penduduk Indonesia mengkonsumsi 70% - 80% karbohidrat.

Protein

Protein juga tak kalah pentingnya untuk tubuh kita. Protein berfungsi sebagai komponen yang bermanfaat untuk pertumbuhan, penyembuhan luka, regenerasi sel, juga sebagai sumber energi. Protein dapat diperoleh dari hewan dan tumbuh - tumbuhan. Sama seperti karbohidrat, 1 gram protein mengandung 4 kalori. Protein yang dibutuhkan setiap hari sebanyak 1 gram setiap 1 kg berat tubuh.

Lemak

Lemak tidak selamanya buruk bagi tubuh. Lemak dibagi menjadi dua, yaitu lemak baik dan lemak jahat. Lemak berfungsi sebagai cadangan energy untuk melindungi organ tubuh. Lemak harus dipenuhi sekitar 20%-30% dari total kebutuhan kalori.

Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral banyak terdapat pada buah dan sayuran. Dari satu porsi buah, Anda bisa mendapat sekitar 40 kalori. Disarankan agar setiap hari konsumsi 5 - 9 porsi buah dan sayur.

Serat

Serat sangat berfungsi untuk proses pencernaan kita. Serat banyak ditemukan pada buah, sayur, dan kacang. Pada sayur- sayuran, setiap 100 gramnya mengandung 2-5 gram. Sedangkan pada kacang - kacangan, serat yang terkandung sekitar 4 - 10 gram per 100 gram.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)