Yuk Cari Tahu Apa Saja Khasiat Daun Kelor

27 Juni 2014 Artikel Kesehatan


Dengan nama latin Moringa Oleifera, daun kelor memiliki tinggi batang yang berkisar antara 7 hingga 11 meter. Daunnya yang berbentuk bulat telur berukuran kecil yang tersusun majemuk dalam satu tangkai. Tapi dibalik ukurannya yang kecil, daun kelor ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh ini sudah banyak dibuktikan. Ternyata, kandungan vitamin C yang ada di daun kelor 7 kali lipat dari kandungan yang dimiliki buah jeruk. Selain itu, kandungan vitamin A, 4 kali lipat dari kandungan yang dimiliki wortel. Kandungan kalsium yang ada pada daun kelor juga setara dengan kalsium pada 4 gelas susu.

Berikut beberapa manfaat dari daun kelor:

1. Untuk Mengatasi Sakit Kuning

Caranya cukup mudah, tumbuk halus daun kelor. Kemudian campur dengan air kelapa hijau muda dan beri madu secukupnya. Minum secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengurangi Alergi
Untuk mengobati alergi, dapat menggunakan air rebusan daun kelor yang telah dicampur bawang merah dan adas pulasari. Saat merebus, usahakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Minum air rebusan secara rutin setiap pagi dan sore.

3. Mengobati Berbagai Penyakit Kulit
Daun kelor dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti herpes atau luka bernanah. Caranya cukup mudah, tumbuk daun kelor dan campurkan kapur sirih secukupnya, balurkan ke bagian yang terluka.

4. Dapat Membantu Mengatasi Rematik atau Pegal Linu
Manfaat daun kelor untuk mengobati rematik sudah banyak dibuktikan. Caranya hanya dengan menggosok bagian yang linu dengan menggunakan tumbukan daun kelor yang telah dicampuri kapur sirih.

5. Membantu Mengurangi Sakit Mata
Sakit mata juga bisa diobati dengan tetesan air dari ramuan daun kelor. Daun kelor ditumbuk sampai halus kemudian diberi air dan aduk sampai rata. Diamkan sampai mengendap dan gunakan air tersebut sebagai tetes mata.

Kandungan yang ada di dalamnya tidak boleh disia-siakan begitu saja. Mengkonsumsi daun kelor sehari-hari juga baik untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)