Yoga Mampu Turunkan Berat Badan

5 Agustus 2010 Artikel Kesehatan


Dalam pencarian akan solusi menurunkan berat badan, banyak orang yang akhirnya beralih pada teknik yoga.

Di samping memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mengurangi stres, memperbaiki mood, dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Para peneliti juga mengemukakan bahwa yoga dimungkinkan dapat menghilangkan beberapa kilogram bobot tubuh kita. Beberapa peneliti juga tengah mempelajari manfaat yoga bila dikaitkan dengan program penurunan berat badan.

Salah satu hasil yang paling mengemuka pada studi yang diadakan pada 2005, ditemukan bahwa yoga dapat sangat membantu orang paruh baya dalam menjaga berat badan. Studi itu diikuti 15.550 usia 53-57 yang melaporkan aktivitas fisik mereka selama 10 tahun belakangan. Hasilnya, partisipan yang kelebihan berat badan lalu berlatih yoga selama sekitar empat tahun mengalami penurunan berat badan sebanyak delapan kilogram jika dibandingkan mereka yang kelebihan berat badan, tapi tak melakukan yoga.

Dalam penelitian lebih lanjut, ditemukan pula program yoga selama 12 minggu dapat membantu menurunkan berat badan, seperti halnya mengurangi kecemasan pada sekelompok anak yang berisiko menderita diabetes tipe 2. Adapun dalam penelitian pada 2008, peneliti mengemukakan pelatihan yoga selama enam bulan dapat meningkatkan kekuatan pernapasan dan daya tahan tubuh, tapi tidak ditunjukkan adanya pengaruh pada berat badan.

Memang, belum dipastikan benar yoga benar-benar dapat menurunkan berat badan. Untuk itu, para peneliti menyarankan lakukanlah latihan kardiovaskular ringan selama lima hari dalam seminggu atau 8-10 latihan berat dua kali seminggu. Perlu juga untuk diingat bahwa berat badan dapat turun dengan mengurangi jumlah kalori terbakar sehingga apa yang Anda makan berpengaruh penting pada berat badan. Yang terpenting, ingatlah yoga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, selain mengurangi berat badan. Di antaranya mengatasi darah tinggi, kecemasan, depresi, dan insomnia. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com