Yoga, Ampuh Hilangkan Stres Hingga Mengurangi Berat Badan

1 Juli 2018 Artikel Kesehatan


Setiap orang sangat rentan untuk mengalami stres, baik akibat tekanan pekerjaan maupun masalah hidup lainnya. Ketika mengalami stres, banyak hal yang dapat dilakukan, termasuk yoga.

Yoga merupakan salah satu meditasi yang berasal dari India. Yoga berpusat pada ketenangan pikiran sehingga dapat dijadikan semacam terapi mental bagi yang menjalankannya. Selain dapat memberikan ketenangan mental, ternyata efek positif yang didapatkan dari yoga juga bermanfaat bagi kesehatan fisik.

Nah, berikut manfaat dari yoga:

Keseimbangan otak
Aktivitas yoga menekankan pada keseimbangan dan keselarasan kedua sisi otak. Hal ini dapat meningkatkan komunikasi internal antara kedua otak yang jarang dapat Anda lakukan sehari-hari. Komunikasi internal ini akan menyeimbangkan antara otak berpikir dan otak kreatif.

Bermanfaat bagi kehamilan
Bagi Anda yang sedang hamil dan ingin tetap merasa fit semasa kehamilan, lakukanlah yoga setiap hari. Yoga akan membantu Anda untuk mengurangi kelelahan dan ketegangan, meningkatkan fleksibilitas otot, serta memberikan manfaat bagi pencernaan dan pernapasan. Selain itu juga mengurangi nyeri semasa kehamilan seperti kaki kram dan nyeri punggung bawah.

Memperlancar pernapasan
Dengan kombinasi berbagai macam gerakan dan teknik pernapasan, yoga dapat membantu kelancaran sirkulasi pernapasan dan sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Dengan sirkulasi darah yang lancar, maka oksigen yang mengalir dalam tubuh pun juga akan lebih lancar.

Meratakan perut
Di dalam yoga terdapat gerakan bernama Naukasana dan Ushtrasana yang berbasis pada gerakan sit up. Gerakan ini akan membantu Anda untuk meratakan perut.

Menyehatkan jantung
Dengan sirkulasi pernapasan dan darah yang lancar, maka arteri dan jantung Anda menjadi lebih sehat. Yoga membantu melancarkan peredaran darah karena akan mencegah penyumbatan darah.

Mencegah rasa sakit dan nyeri
Karena yoga dapat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot, maka yoga pun dapat membantu Anda dalam mencegah sakit punggung dan nyeri. Selain itu juga dapat membantu Anda dalam memperbaiki struktur dan postur tubuh menjadi lebih baik.

Mengurangi stres
Dengan latihan yang rajin, yoga dapat membantu Anda dalam meredakan stres. Hal ini berkat ketenangan yang Anda peroleh selama masa meditasi yoga.

Tubuh semakin kuat
Manfaat melakukan yoga adalah kekuatan mendetoksifikasi seluruh tubuh Anda. Ketika melakukan latihan yoga, tubuh Anda akan mengeluarkan banyak keringat dan pada akhirnya menguras keluar semua racun dari dalam tubuh. Hal ini akan memungkinkan tubuh terasa ringan dan kulit lebih sehat.

Turunkan berat badan
Manfaat melakukan yoga salah satunya dalah membakar kalori ekstra di dalam tubuh. Ketika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, melakukan yoga bisa dijadikan sebagai salah satu solusi untuk menurunkan berat badan.

Perlancar sirkulasi darah
Melakukan yoga secara teratur membantu semua masalah berkaitan dengan tubuh dan pikiran. Fungsi otak dan jantung akan meningkatkan sirkulasi darah, serta metabolisme pun menjadi sempurna.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)