Wujudkan Impian Perut Rata

1 Oktober 2009 Artikel Kesehatan


1. Buatlah perencanaan untuk melakukan latihan perut 4-5 kali seminggu, paling tidak selama 20-30 menit.

2. Cobalah lakukan crunches. Caranya:

Berbaringlah di atas punggung dengan kaki dibengkokkan dan telapak kaki di tempatkan di lantai, dan kedua pangkal paha dilebarkan.Silangkan jari-jari tangan di belakang kepala sebagai pendukung.Angkat bagian atas tubuh beberapa inci ke depan dan ke atas dengan bantuan otot perut.Jagalah agar kepala berada pada jarak yang konstan dari tubuh. Secara perlahan rendahkan tubuh hingga mendatar tetapi tidak sampai menyentuh lantai sepenuhnya.
Saat melakukan crunches pastikan:

Tidak mengangkat dada dari lantai.Jangan beristirahat di antara sesi latihan. Jangan melengkungkan leher untuk menghindari peregangan.
3. Jackknives (gerakan seperti pisau lipat). Berbaringlah mendatar di atas punggung dengan kedua kaki diluruskan dan kedua lengan direntangkan di lantai, tepatnya di atas kepala. Kemudian naikkan bagian atas dan bawah tubuh secara berkelanjutan, gapaikan lengan ke kaki Anda. Fokuslah dalam menggunakan perut untuk menaikkan bagian atas dan bawah tubuh. Berhentilah saat berada pada posisi puncak latihan. Saat perut sudah berkontraksi, turunkan kembali ke posisi awal secara perlahan. Lakukan sepuluh kali pengulangan.

4. Side bends. Berdirilah tegak sambil memegang dambel di tangan kanan dan tangan kiri ditempatkan di pinggul. Bengkokkan badan ke arah kanan secara perlahan, turunkan dambel hingga Anda merasa otot-otot di bagian tubuh yang dimiringkan berkontraksi. Tahan untuk sementara waktu, kemudian secara perlahan naikkan kembali ke posisi semula. Pindahkan dambel ke tangan kiri dan lakukan gerakan yang sama. Lakukan 10 kali pengulangan, ke masing-masing bagian tubuh.

5. Padukan latihan kardiovaskular ke program olahraga Anda. Berolahragalah selama 20-30 menit dengan intensitas sedang, 4 hari seminggu. Dikatakan sedang jika mencapai 55-75 dari kapasitas maksimal Anda. Anda sebaiknya masih bisa melakukan percakapan sambil berolahraga. Anda bisa melakukan beragam aktivitas kardiovaskular seperti lari, renang, bersepeda, atau menggunakan perlengkapan gym seperti treadmill.

6. Mengangkat kaki di atas bangku datar. Berbaringlah di atas bangku datar dengan muka menghadap ke atas dan kaki tidak menyentuh ujung bangku. Letakkan tangan di bawah pantat (telapak menghapap ke bawah). Jagalah agar kaki tetap lurus, angkat ke posisi tegak lurus. Tahan selama beberapa detik kemudian turunkan secara perlahan.

7. Mengangkat pelvis. Ini merupakan cara lain melatih otot perut. Cobalah berbaring di atas tikar, kemudian angkat pinggul Anda beberapa inci dengan gerakan memutar ke arah kepala. Selanjutnya turunkan kembali tanpa menyentuh lantai. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat