Wow, Sebuah Penelitian Mengungkap Lemak Bisa Keluar dari Hembusan Nafas!

5 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Olahraga menjadi cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Sebab dengan olahraga, lemak dalam tubuh lebih cepat terbakar menjadi energy. Saat berolahraga, tentu kita sering menghela nafas. Dan tahukah Anda, 80 persen lemak yang ada di dalam tubuh keluar lewat menghela nafas?

Penelitian dari Australia menyebutkan di dalam tubuh manusia terdapat jenis lemak dalam darah yang disebut dengan trigliserida. Trigliserida terdiri atas 3 molekul utama yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen. Kemudian untuk meluruhkan lemak maka dibutuhkan proses oksidasi yang terjadi ketika Anda bernapas.

Penelitian dari University of New South Wales itu menemukan saat 10 kilogram lemak hilang "dibakar", 8,4 kg keluar dari tubuh lewat paru-paru dan sisanya, yaitu 1,6 kg, menjadi air atau H2O.

Namun untuk mengeluarkan lemak, orang-orang tetap perlu bergerak aktif seperti berolahraga. Hanya sering menghembuskan nafas tidak dapat membuat orang untuk menjadi kurus.

"Untuk pemahaman yang lebih sederhana, manusia membutuhkan aktivitas fisik yang lebih agar kerja sistem pernapasan ini lebih besar. Olah fisik yang lebih besar dan memaksa Anda untuk terus bernapas akan meluruhkan karbon di dalam lemak sehingga lemak keluar seiring dengan berhembusnya napas Anda." Jelas salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)