Waspadai, Rasa Nyeri Ini Tidak Boleh Diabaikan

31 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Terkadang rasa nyeri pada salah satu anggota bagian tubuh menjadi masalah yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Penyebab dari rasa nyeri ini pun bervariasi seperti rasa stres, gaya hidup, pola makan ataupun adanya gerakan yang salah ketika berolahraga. Rasa nyeri ditubuh menjadi suatu cara oleh tubuh untuk menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak bekerja dengan baik. Secara umum, banyak orang tidak mempermasalahkan rasa nyeri karena biasanya akan hilang dengan sendirinya atau bisa disembuhkan seperti rasa sakit kepala yang bisa sembuh dengan tidur atau konsumsi obat. Apabila Anda merasakan sakit pada salah satu bagian tubuh tapi mengetahui apa penyebabnya, maka mungkin tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Tapi ada juga rasa sakit yang tidak boleh diabaikan dimana sakit ini sering terjadi dan intensitasnya semakin meningkat untuk jangka waktu tertentu.

Berikut beberapa rasa nyeri yang tidak boleh diabaikan
1. Sakit kepala parah

Jika Anda adalah korban stroke yang disebabkan oleh pendarahan di otak, Anda akan menderita sakit kepala yang mendadak dan parah, mencapai intensitas maksimum dalam beberapa detik atau menit. Orang yang mengalami ini biasanya akan jatuh ke lantai dan mengejang kesakitan, kadang-kadang mereka juga kehilangan kesadaran.

2. Sakit perut parah
Kehamilan ektopik berkembang di luar rahim. Hal itu dapat menyebabkan perdarahan berat pada perut. Kondisi ini biasanya diderita oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi, memiliki jaringan parut dari saluran tuba karena penyakit menular seksual, dan sedang melakukan pengobatan infertilitas.

3. Nyeri berat di betis atau kaki
Orang-orang yang berisiko mengembangkan deep vein thrombosis adalah mereka yang menjalani operasi, sedang melakukan bed rest, atau wanita yang menggunakan kontrasepsi. Bila rasa nyeri di kaki dan betis menjadi sangat menyakitkan, pastikan bahwa Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan USG.

4. Nyeri berat di punggung bagian atas
Mereka yang menderita kondisi ini menggambarkannya sebagai rasa sakit yang mengerikan yang membuat siapa pun ingin menangis. Karena diseksi aorta, orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi atau penyakit jaringan ikat, seperti sindrom Marfan, juga berisiko kena. Diseksi aorta dapat menyebabkan stroke, lumpuh, atau gagal ginjal.

5. Sakit gigi parah
Ludwig's angina adalah sebuah abses (bisul bernanah) gigi yang pindah ke leher. Nyeri berat yang terasa pada gigi yang memanjang ke bawah leher mungkin merupakan tanda dari kondisi ini. Ini harus segera diobati.

Inilah rasa nyeri yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Segera cari bantuan medis jika keluhan tidak hilang dalam hitungan hari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)