Waspadai Penyakit Stroke di Usia Muda

30 Oktober 2018 Artikel Kesehatan


Panyakit stroke dan jantung bagaikan pisau bermata dua, artinya sama-sama bisa mengancam siapa saja dan terjadi kapan saja. Jika dahulu penyakit ini sering menghampiri orang tua, tetapi sekarang perlu diwaspadai karena stroke bisa menyerang orang pada usia muda. Stroke merupakan penyakit yang tergolong mematikan nomer dua di dunia, dan penyakit ini menyebabkan cacat nomer satu di dunia. Penyakit stroke terjadi jika pembuluh darah yang mengalir ke otak pecah, tersumbat, robek atau bocor. Kondisi ini menyebabkan rusaknya sebagian fungsi dari otak.

Faktor-faktor yang bisa menyebabkan stroke, antara lain seperti pernah mengalami stroke sebelumnya, faktor usia, mempunyai riwayat tekanan darah tinggi, diabetes, migraine, kolesterol tinggi, dan lain-lain. Tetapi kebanyakan penyakit ini terjadi karena kurangnya pasokan oksigen ke otak. Jika tidak ditangani dengan baik maka bisa berujung pada kematian

Stroke di usia tua disebabkan penyumbatan pada jantung dan pembuluh darah, sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah, penyebab seperti ini disebut stroke ischemic. Sedangkan stroke yang menyerang anak muda biasanya disebabkan oleh infeksi, trauma, kelainan jantung, penyakit sel darah sabit atau kerusakan pada sistem saraf. Penyebab umum terjadinya stroke pada usia muda adalah disebabkan pemakaian obat-obatan terlarang melalui suntikan ke pembuluh darah atau juga masalah kardiogenik, seperti katup jantung tidak normal dan rematik pada jantung.

Jadi, yang harus diperhatikan untuk menghindari stroke di usia muda adalah:

  • Memeriksakan kesehatan, termasuk pemeriksaan gula darah, kardiovaskular dan kolesterol secara rutin.
  • Olahraga secara teratur tetapi memperhatikan berat badan.
  • Menerapkan pola makan rendah lemak jenuh dan juga gula. Lebih baik lagi jika memperbanyak makan buah dan sayur.
  • Mengenali gejala dan mengontrol risiko penyakit diabetes.


Dengan memeriksakan diri secara berkala dan mengatur pola makan rendah lemak jenuh serta membatasi konsumsi gula adalah jalan terbaik. Walaupun proses penyembuhan stroke di usia muda lebih cepat dari usia tua, tetapi lebih baik jika menghindari penyakit ini sedini mungkin.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)