Waspadai Bahaya Angin Malam

20 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Jika kita keluar rumah di malam hari, orangtua sering mewanti-wanti hati-hati pada angin malam. Memangnya apa beda angin malam dan angin siang? Apakah benar ada pengaruhnya pada kesehatan atau sekadar mitos?

Sebenarnya istilah angin malam tidak dikenal dalam dunia medis. Istilah tersebut digunakan masyarakat awam untuk menggambarkan angin yang memapar orang-orang yang keluar rumah pada malam hari.

Angin pada malam hari memang mempunyai karakteristik berbeda dengan angin pada siang hari. Angin malam cenderung lebih dingin dan lembap. Faktor itulah yang bisa mencetuskan gangguan kesehatan.

Angin malam yang lebih dingin bisa membuat kesehatan anda menjadi menurun, apalagi jika tidak menggunakan pelindung (jaket dan penutup wajah).

Berikut bahaya angin malam bagi kesehatan:

Angin malam dapat memicu penyakit asma (pernafasan)

Hal ini disebabkan karena suhu di malam hari biasanya lebih dingin daripada di siang hari. Dengan begitu pernafasan akan terganggu dengan suhu yang dingin ditambah lagi dengan hembusan angin malam. Asma dapat menjangkit siapa saja meskipun asma adalah penyakit turunan. Tubuh manusia sangat rentang terhadap cuaca dingin, sehingga bukan tidak mungkin pernafasan akan terganggu oleh dinginnya hembusan angin malam.

Menyebakan penyakit paru-paru basah

Angin malam yang dingin dapat memicu seseorang terjangkit penyakit paru-paru basah karena di malam hari embun terbawa oleh angin dan jika menghirupnya dalam waktu yang berkelanjutan maka akan lebih berpotensi terjangkit paru-paru basah. Hal itu dikarenakan tingkat kelembababan di malam hari lebih tinggi dibandingkan dengan siang hari. Maka tidak jarang orang-orang yang sering keluar malam lebih mudah sakit dan pucat. Bagi yang sudah terjangkit penyakit paru-paru basah atau bronchitis lebih baik membatasi dan lebih baik lagi menghindari keluar malam, karena angin malam akan memperparah penyakitnya.

Angin malam disukai oleh nyamuk anopheles

Anopheles adalah nyamuk yang menyebabkan orang yang digigitnya akan terjangkit peyakit malaria. Nyamuk ini sangat gemar keluar di malam hari karena angin yang berhembus pada malam hari cenderung dingin sehingga nyamuk anopheles lebih sering keluar di malam hari. Apabila hendak keluar malam maka sangat dianjurkan untuk memakai lotion anti nyamuk untuk meminimalisir tergigit oleh nyamuk ini. Selain penyakit malaria, keluar di malam hari akan lebih besar berpotensi terjangkit kaki gajah.

Menyebabkan nyeri sendi dan rematik

Bagi yang mempunyai keluhan nyeri sendi ada baiknya tidak keluar di malam hari. Ya, angin malam dapat menyebabkan nyeri sendi dan rematik karena suhu yang cenderung dingin. Namun apabila terpaksa keluar malam jangan samnpai lupa untuk memakai jaket dan penutup tubuh agar terlindung dari dinginnya angin malam.

Nah, itulah beberapa bahaya angin malam. Jangan sering-sering keluar rumah di malam hari yah!

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)