Waspada Penyakit Menular Saat Berwisata

17 Desember 2014 Artikel Kesehatan


Waktu liburan merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke suatu tempat dan berwisata. Selain menyiapkan segala kebutuhan berwisata seperti tiket, transportasi dan makanan, tentunya ada hal penting yang harus diperhatikan oleh Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata. Yakni perlindungan kesehatan.

Perjalanan wisata tentu menjadi tidak nyaman apabila kita tiba-tiba jatuh sakit atau harus mendapat perawatan kesehatan. Bahkan perjalanan wisata meningkatkan risiko penularan penyakit semakin besar dikarenakan frekuensi kontak fisik dengan orang dari berbagai daerah atau negara.

Dr.Iris Rengganis Sp.PD, sebagai pakar alergi imunologi klinik dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM memaparkan bahwa perjalanan wisata memang berpotensi menularkan penyakit, terutama penyakit yang ditularkan lewat batuk dan bersin serta penularannya berjalan cepat.

Setiap negara punya penyakit endemis. Jadi, dalam hal ini Anda harus mencari tahu terlebih daulu dengan melakukan survei tentang negara yang dituju, misalnya saja di Arab Saudi risiko tertular meningitis sangat besar. Atau penyakit tipus dan hepatitis di Indonesia.

Salah satu pencegahan yang paliing utama dengan melakukan vaksinasi bagi Anda yang ingin berwisata ke negara tujuan. Beberapa penyakit menular dapat dicegah dengan vaksinasi antara lain meningitis, influenza, tifoid, yellow fever, tetanus, serta hepatitis.

Selain vaksin, jika sudah sampai di tempat tujuan Anda juga harus menerapkan kebiasaan sehat seperti menjaga kebersihan, istirahat yang cukup dan pola makan yang teratur. Selain mendapat kesenangan dari serunya berwisata, Anda tentunya tetap sehat dan terbebas dari penyakit menular.

Oleh: Faqih F
Dikutip dari berbagai sumber)