Waspada! Kerja Malam Picu Penyakit Mematikan

15 Maret 2018 Artikel Kesehatan


Tidur adalah salah satu hal yang dibutuhkan tubuh demi menjaga kesehatan dan kebugaran. Jangan sampai mengurangi jatah tidur atau bahkan terlambat untuk beristirahat. Sebab jika tidur di atas jam 12 malam, ada banyak risiko kesehatan yang mengancam. Di kala orang lain tertidur lelap, ada sebagian orang yang justru diwajibkan tetap terjaga dan melaksanakan tugasnya sepanjang malam. Tanpa disadari, kegiatan bekerja di malam hari ini bisa mendatangkan berbagai gangguan kesehatan.

Waspadalah bagi Anda yang kerap kerja di malam hari. Pasalnya, para peneliti baru-baru ini memperingatkan jika bekerja pada malam hari bisa menyebabkan kekacauan dan bisa kerusakan organ tubuh jangka panjang.

Kerja malam hari telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit diabetes tipe 2, serangan jantung dan kanker. Sekarang para ilmuwan di Sleep Research Centre (Pusat Riset Tidur) di Surrey, Inggris telah menemukan kerja pada giliran malam menyebabkan gangguan pada tingkat molekuler terdalam tubuh manusia.

Para ahli mengatakan, mereka terkejut dengan besarnya skala, kecepatan dan tingkat parahnya kerusakan tubuh yang disebabkan akibat terjaga di malam hari. Tubuh manusia memiliki ritme alami sendiri dan jam tubuh dirancang untuk tidur di malam hari dan aktif di siang hari.Ritme ini memiliki efek mendalam pada tubuh, mengubah segala sesuatu dari hormon dan suhu tubuh termasuk untuk kemampuan atletik, suasana hati dan fungsi otak manusia.

Penelitian yang dilakukan di Departemen Ilmu Kesehatan Publik dan Queen’s Cancer Research Institute di Queen’s University, Kanada, menyatakan bahwa kasus kanker payudara pada wanita yang rutin bekerja di malam hari berada dalam kisaran dua kali lipat jumlahnya dibandingkan pada wanita yang memiliki jam kerja normal.

Dari sini Anda harus sadar bahwa apa yang Anda lakukan di tengah malam tanpa mengistirahatkan tubuh tentunya sesuatu yang tidak bijaksana. Itulah sebabnya, Anda yang memiliki kewajiban bekerja di malam hari perlu menyeimbangkannya dengan menerapkan pola makan sehat serta memperbanyak jumlah aktivitas fisik untuk memelihara kesehatan tubuh.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)