Waspada! Inilah 5 Gejala Serangan Jantung di Usia Muda

2 September 2016 Artikel Kesehatan


Serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian nomor satu di dunia. Tak mengenal usia, penyakit ini menjadi momok yang menakutkan karena serangan jantung bisa menyerang siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Lebih menakutkan lagi, anak-anak muda juga tak luput dari serangan jantung ini.

Sebenarnya, serangan jantung, secara medis disebut infark miokard ini merupakan kondisi di mana pasokan darah menuju ke jantung terhambat. Ini adalah kondisi medis darurat yang biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan unsur lainnya.

Mengenai gejala serangan jantung, nampaknya masih banyak orang khususnya anak muda yang tak mengetahui bahkan tak jarangmengabaikan gejala serangan jantung.

Seperti dikutip dari lamanwebmd.com, Charles Chambers, MD, seorang direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Penn State Hersey Heart and Vascular Institute, berikut merupakan gejala serangan jantung yang sering terjadi namun sering diabaikan khususnya oleh orang usia muda:

Nyeri di Lengan atau Tubuh Bagian Kiri

Charles mengatakan bahwa jika ada yang dirasa nyeri di lengan bagian kiri atau tubuh bagian kiri merupakan salah satu indikator Anda memiliki serangan jantung. Nyeri ini biasanya juga dibarengi dengan asam urat yang berkepanjangan dan gampang lelah padahal sedang tak melakukan pekerjaan berat.

Nyeri di Sekitar Dada

Setelah itu, salah satu gejala utama dari adanya risiko serangan jantung adalah adanya rasa nyeri di sekitar dada. Tak hanya nyeri, dada juga sering kali terasa tidak nyaman, sesak dan seperti ada tekanan. Jika kamu merasakan hal ini, disarankan agar kamu segera memeriksakan diri ke dokter.

Keluar Keringat Dingin Berlebih

Keringat dingin yang keluar secara berlebih bisa jadi indikator Anda memiliki penyakit jantung. Biasanya, keringat dingin ini akan keluar kapan pun dan dimana pun tanpa alasan yang jelas. Jika Anda mengalami hal ini, pastikan untuk memeriksakan kondisi Anda di klinik atau rumah sakit terdekat.

Lelah Berlebihan

Jika Anda sering merasa lelah dan bahkan berlebih? Bisa jadi itu adalah gejala dari risiko serangan jantung atau penyakit lainnya. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Vincent Bufalino, MD, seorang juru bicara American Heart Assosiation. Terlebih, jika lelah berlebihan ini terjadi saat tubuh Anda tak melakukan gerak atau pekerjaan yang tak terlalu melelahkan.

Mendengkur

Meski terbilang wajar, namun jangan salah, mendengkur bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang tidak fit. Mendengkur juga bisa menjadi salah satu gejala dari adanya risiko serangan jantung. Tak hanya pada orang tua, mendengkur yang menjadi gejala risiko serangan jantung juga berlaku pada orang-orang yang masih muda.

Nah, itulah beberapa gejala serangan jantung yang terkadang kita sering abai dan tidak begitu memperhatikannya. Mulai dari sekarang, tidak ada salahnya untuk menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga agar terhindar dari risiko penyakit jantung tersebut.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)