Waspada! Ini Dia Kandungan Berbahaya dalam Deodoran

6 November 2018 Artikel Kesehatan


Di tengah kesibukan masyarakat modern, berbagai kosmetik seperti deodoran menjadi salah satu pilihan instan untuk menjaga tubuh tetap segar. Namun tahukah Anda bahwa ternyata deodoran memiliki kandungan berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan?

Menurut sebuah penelitian yang baru-baru ini diungkap oleh FDA dan The U.S. Food and Drug Administration yang mengatakan bahwa bahan di dalam deodoran diklaim tidak sehat untuk tubuh karena kandungan bahan-bahan kimianya, salah satunya adalah senyawa aluminium. Memang benar, jika alumunium yang ada di dalam deodoran dibuat untuk bisa menahan keringat tubuh sehingga tak menyebabkan bau.

Namun, yang harus Anda perhatikan adalah bahwa senyawa inilah yang dapat mengganggu hormon seks alami tubuh. Tak hanya itu, risiko penyakit Alzheimer pun bisa meningkat serta dapat menyebabkan kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria.

Bukan hanya alumunium, senyawa lain yang tidak kalah berbahaya yang ada di dalam deodorant adalah paraben. Bahan pengawet ini rupanya bisa mengganggu kinerja endokrin yang mana senyawa ini mampu menyebabkan pubertas dini pada anak-anak serta meningkatkan risiko gangguan hormon dan tumbuhnya kanker dan tumor.

Meski dibuat untuk menjaga kesegaran tubuh, deodoran tentu dibuat dengan bahan-bahan kimia yang tidak kita ketahui. Ada baiknya, gunakan bahan alami yang aman untuk kesehatan tubuh Anda dalam menjaga kesegaran tubuh. Bahan alami seperti bedak, tawas, kunyit dan lain sebagainya bisa menjadi alternatif Anda untuk menjaga kesegaran tubuh tanpa zat kimia.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)