Waspada! Gelas Plastik Bisa Picu Migran dan Sakit Kepala

30 Maret 2018 Artikel Kesehatan


Tidak mudah pecah, anti bocor, ringan dan menarik secara penampakan, kemasan plastik serasa menjadi solusi mengemas makanan dan minuman yang paling ideal. Gelas plastik adalah salah satu wadah praktis yang biasanya digunakan untuk minum di mana saja. Meminum melalui gelas plastik ternyata memiliki efek tidak baik bagi kesehatan, terutama kepala. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa minum air menggunakan gelas plastik atau botol plastik bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain pada wanita.

Efek sakit kepala tersebut menurut penelitian disebabkan oleh zat kimia dalam kemasan plastik yang disebut dengan Bisphenol A (BPA) bisa menyebabkan rasa sakit kepala dan migrain. Penemuan ini ditemukan oleh peneliti di University of Kansas setelah melakukan percobaan, mengungkap bahwa menghindari penggunaan gelas plastik untuk minum bisa menurunkan risiko terkena sakit kepala atau migrain pada wanita.

Migrain juga diketahui bisa menyebabkan perubahan mendadak pada hormon wanita, estrogen, seperti yang dilakukan oleh BPA.Bisphenol A (BPA) yang terdapat di dalam botol plastik diketahui dapat memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, obesitas, infertilitas, dan kanker. Kini masalah yang ditimbulkan kembali ditambahkan dengan migrain dan sakit kepala.

Bahan kimia tersebut biasanya digunakan dalam produk sehari-hari seperti botol air plastik dan lapisan kaleng makanan. Di dalam tubuh, bahan kimia tersebut bertindak sebagai estrogen sintetis. Lebih dari 130 penelitian mengungkapkan bahwa bahan tersebut memiliki efek buruk pada kesehatan manusia.

Temuan peneliti ini menjadi peringatan pada kita agar lebih berhati-hati dan selektif menggunakan botol atau gelas plastik. Saat ini beberapa negara seperti Kanada, China, dan Uni Eropa sudah melarang penggunaan BPA pada botol bayi dan botol plastik. Bukan berarti lantas Anda tak diperbolehkan untuk minum dari botol plastik, hanya saja sebaiknya penggunaan botol plastik tersebut dibatasi dan tidak terlalu sering.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)